Navantia Merilis Video Fregat F-110 Angkatan Laut Spanyol

Fregat F-110 Angkatan Laut Spanyol

Galangan kapal Spanyol, Navantia melaui akun twitter resminya telah merilis video baru yang menunjukkan konfigurasi terbaru dari fregat F-110 kelas Bonifaz. Fregat tersebut merupakan fregat masa depan Angkatan Laut Spanyol (Armada Española). Sebelumnya pada bulan April 2019, Navantia dan Kementerian Pertahanan Spanyol telah menandatangani kontrak untuk pembangunan lima fregat F-110 untuk Angkatan Laut Spanyol. 

Desain fregat baru ini akan menggabungkan kemajuan teknologi yang luar biasa, seperti menara terintegrasi baru yang dikonfigurasi dengan berbagai sistem radar, sensor dan antena yang memperluas kemampuan kapal di semua segmen pertahanan serta aplikasi propelan hibrida baru yang lebih efisien dan senyap memberikan kapal tersebut kemampuan multirole tinggi. Selain itu, fregat ini akan mengintegrasikan platform tak berawak di dalamnya dan akan memiliki kapasitas untuk pemasangan senjata energi terarah (laser) di masa depan.

Fregat ini akan dilengkapi dengan sistem tempur racikan dalam negeri Spanyol, SCOMBA, yang dikembangkan oleh Navantia. Sistem tempur ini bertindak sebagai otak kapal dan mengintegrasikan semua sensor dan senjata yang ada di dalam fregat tersebut. Selain itu, fregat ini nantinya akan dilengkapi dengan radar S-band solid state baru hasil kerja sama dari Indra dengan Lockheed Martin, yang dimana keduanya telah berkolaborasi sejak tahun 2009 untuk mengembangkan radar solid state S-band yang canggih untuk Program Fregate F-110 Spanyol.

Melengkapi sistem tempur SCOMBA dan radar S-band, fregat ini juga dilengkapi dengan meriam utama Leonardo 127mm, sistem sonar Thales (BlueMaster UMS 4110 dan CAPTAS 4), sistem pertahanan udara Raytheon ESSM blok2 Evolved SeaSparrow, sistem komunikasi Rohde & Schwarz, sistem navigasi GMV SENDA dan sistem propeler oleh Kongsberg Maritime.

Sistem sonar pada fregat F 110 1
Sistem sonar pada fregat F-110 Angkatan Laut Spanyol.
Kredit: twitter/@ThalesDefence

Perlu dicatat juga, bahwa fregat F-110 akan menjadi program Angkatan Laut Spanyol pertama yang dikembangkan dalam kerangka ASTILLERO 4.0 yang dimana akan menggunakan sistem kontrol dan simulasi terintegrasi paling canggih yang dimana dilengkapi dengan manajemen cerdas dan sistem komunikasi “tanpa kabel”, yang secara permanen akan menghubungkan awak kapal satu sama lain, dan awak kapal ke sistem kapal secara efisien. 

Kunjungi Juga:  Kemhan Sertifikasi Oerlikon Skyshield TNI AU Pengadaan Tahun 2020

Selain itu, kapal ini dalam proses produksinya akan menggunakan teknologi 3D printing. Tidak sampai disana, fregat ini akan menjadi kapal pertama di armada yang memiliki sistem keamanan cyber terintegrasi yang melindungi kapal dari ancaman cyber yang meningkat dimasa depan. Berkat berbagai sistem otomatisasinya memungkinkan untuk mengurangi jumlah awak dalam pengoperasian fregat tersebut.

Fregat F 110
Ilustrasi dari fregat F-110 Angkatan Laut Spanyol.
Kredit: navalnews.com

Fregat F-110 kelas Bonifaz nantinya akan menggantikan fregat kelas Santa Maria Angkatan Laut Spanyol yang telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun. Disamping itu, proyek ini akan memberikan benefit berupa terciptanya lapangan kerja baru (sekitar 7.000 pekerjaan) selama hampir satu dekade kedepan. Berkat proyek ini “denyut nadi” di Teluk Cadiz, Spanyol dapat kembali pulih.

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *