TNI AL Melaksanakan Uji Fungsi Amunisi Untuk Mendukung Kesiapan Tempur Marinir

TNI AL Melaksanakan Uji Fungsi Amunisi Untuk Mendukung Kesiapan Tempur Marinir

Dalam rangka mendukung kesiapan tempur pasukan Marinir dalam melaksanakan misinya, maka kesiapan-siagaan/combat ready dari alutsista pendukung adalah mutlak diperlukan agar misi yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar. Inilah yang melatar belakangi tes dan pengujian terhadap setiap aset alutsista yang dimiliki mutlak diperlukan. Mengutip dari laman tnial.mil.id, Senin (22/03/2021), menginformasikan baru-baru ini Dinas Materiel Senjata dan Elektronika TNI Angkatan Laut (Dissenlekal) melaksanakan Uji Fungsi Amunisi di Pusat Latihan Tempur Marinir Baluran, Karang Tekok, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Kegiatan pengujian ini disaksikan langsung Kepala Dinas Materiel Senjata dan Elektronika TNI Angkatan Laut (Kadissenlekal) Laksma TNI Endarto Pantja Irianto, S.T., M.T., Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut (Kadislitbangal) Laksma TNI Agus Karminto, S.E, Kepala Dinas Kelaikan Materiil Angkatan Laut (Kadislaikmatal) Laksma TNI Udyatmiko dan Inspektur Korps Marinir (Ir Kormar) Brigjen TNI (Mar) Lasmono serta sejumlah pejabat terkait.

Amunisi yang diuji fungsikan ini merupakan hasil pengadaan Dissenlekal dengan kaliber 30 x 165 mm dan 7,62 x 54 mm PKT serta amunisi 105 mm Illumination dan Smoke. Saat diuji fungsikan, amunisi 30mm x 165 dan 7,62mm x 54 PKT ditembakkan melalui tank BMP-3F. Amunisi-amunisi tersebut berhasil menerjang targetnya yang berada sekitar 500 m dari titik penembakan.

Sementara itu, amunisi 105 mm Illumination dan Smoke diluncurkan melalui meriam Howitzer LG-1 MKII kaliber 105mm. Amunisi Illumination menghasilkan cahaya selama lebih kurang 50 detik untuk menerangi area tertentu yang menjadi sasaran penembakan. Sedangkan amunisi smoke menghasilkan asap yang berguna sebagai tabir perlindungan pasukan infanteri yang melaksanakan manuver dan tinjauan jatuhnya peluru sebelum amunisi tajam ditembakkan.

TNI AL Melaksanakan Uji Fungsi Amunisi
TNI AL Melaksanakan Uji Fungsi Amunisi.
Kredit: twitter/@_TNIAL_

Kadissenlekal mengatakan bahwa dengan berhasilnya uji fungsi ini, maka baik alat peralatan pertahanan (Alpahan) maupun amunisi telah siap digunakan untuk mendukung latihan dan operasional TNI AL khususnya pasukan Marinir. Disamping itu aktivitas ini telah sesuai dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam memodernisasi material tempur menuju kekuatan yang siap dioperasikan.

Share this article
Kunjungi Juga:  Menkav 1 Marinir Dukung Uji Fungsi Embarkasi Dan Debarkasi KRI Teluk Youtefa-522
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *