TKMS Secara Resmi Menyerahkan Korvet SA’AR 6 INS Magen Kepada Angkatan Laut Israel

Korvet Kelas Sa'ar 6

Galangan kapal Jerman TKMS secara resmi menyerahkan korvet SA’AR 6 INS Magen kepada Angkatan Laut Israel, dikutip dari berita resmi thyssenkrupp-marinesystems.com, Rabu (11/11/2020). Ini menandai tonggak penting lainnya dalam program berkelanjutan dari perusahaan Thyssenkrupp Marine System (TKMS) sebagai kontraktor umum untuk membangun empat korvet kelas SA’AR-6 generasi berikutnya untuk Angkatan Laut Israel. Menyusul tindakan pencegahan korona yang sangat ketat di galangan kapal, penyerahan dilakukan di Kiel.

“Program ini didasarkan pada dialog yang terbuka dan penuh kepercayaan dengan pelanggan kami. Saya ingin berterima kasih kepada Israel atas kepercayaan yang telah ditunjukkan pada kami. Kami sangat bangga dapat berkontribusi pada keamanan Israel. Saya juga ingin berterima kasih kepada karyawan kami. Meskipun menghadapi situasi yang menantang, mereka telah mencapai sesuatu yang hebat dengan perhatian dan disiplin yang luar biasa! Bersama-sama, kami tetap fokus untuk menjadi perusahaan angkatan laut paling modern di Eropa. “

CEO Thyssenkrupp Marine System Dr. Rolf Wirtz

Israel menandatangani kontrak untuk empat korvet baru pada bulan Mei 2015 dan konstruksi sedang dikerjakan bersama oleh German Naval Yards Holdings dan ThyssenKrupp Marine Systems. Pengerjaan INS Magen dimulai pada bulan Februari 2018 dan kapal diluncurkan 15 bulan kemudian. Upacara penamaan resmi untuk INS Magen berlangsung di Kiel pada Mei 2019, dilansir dari navalnews.com, Rabu (11/11/2020).

Kunjungi Juga:  Bomber Tu-160M2 yang Telah Dimodernisasi Sukses Melaksanakan Penerbangan Perdana

Dibandingkan dengan korvet kelas Sa’ar 5 Angkatan Laut Israel, korvet buatan Amerika yang diperoleh pada pertengahan tahun 1990-an dan sebelumnya menjadi yang terbesar dalam inventaris layanan, korvet kelas Sa’ar 6 jauh lebih besar. Korvet tersebut memiliki panjang 90 meter dan memiliki bobot 1.900 ton pada perpindahan beban penuh, sedangkan korvet kelas Sa’ar 5 memiliki panjang 85 meter dan memiliki bobot 1.255 ton dalam perpindahan penuh. Korvet kelas Sa’ar 6 berasal dari korvet kelas Braunschweig milik Angkatan Laut Jerman akan tetapi memiliki perbedaan substansial yang berpusat di sekitar integrasi persenjataan dan sensor asal Israel, merujuk sumber dari thedrive.com, Rabu (11/11/2020).

TKMS Secara Resmi Menyerahkan Korvet SAAR 6 INS Magen Kepada Angkatan Laut Israel
Launching Ceremony Korvet Kelas Sa’ar 6 Angkatan Laut Israel. Kredit: twitter IDF

Dalam hal sistem persenjataan, Korvet kelas Sa’ar 6 Angkatan Laut Israel dipersenjatai dengan “super” mempertimbangkan ukurannya serta bobot perpindahannya yang kecil. Adapun persenjataan yang melengkapi korvet kelas Sa’ar 6 yaitu sebagai berikut:

  • Meriam utama Oto Melara 76 mm,
  • Dua Stasiun Senjata Otomatis Typhoon 25mm,
  • 32 sel peluncuran vertikal untuk rudal permukaan ke udara Barak-8,
  • dua sistem pertahanan titik C-Dome (masing-masing dengan 20 rudal Tamir),
  • 16 rudal anti-kapal (kemungkinan Gabriel V)
  • Dua peluncur torpedo 324 mm.

Setiap kapal juga akan dilengkapi dengan sistem peperangan siber dan elektronik buatan industri dalam negeri Israel. Rangkaian sensornya mencakup radar EL / M-2248 MF-STAR AESA dan sistem perlindungan terhadap ancaman rudal Rafael C-Gem offboard active decoy. Secara total lebih dari 90% sistem pertahanan dan elektronik yang terdapat pada korvet Sa’ar 6 merupakan buatan industri militer dalam negeri Israel. Tidak seperti korvet kelas Braunschweig, korvet kelas Sa’ar 6 juga memiliki hanggar yang cukup besar untuk dapat menampung helikopter, kemungkinan SH-60F Seahawk yang dimana delapan di antaranya rencananya akan diperoleh Israel dari persediaan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Proses pembangunan Korvet Kelas Saar 6
Proses pembangunan Korvet Kelas Sa’ar 6 Angkatan Laut Israel. Kredit: ThyssenKrupp Marine Systems

Secara keseluruhan, keseimbangan senjata, sensor, dan kemampuan yang ditemukan pada korvet kelas Sa’ar 6 tampaknya telah disesuaikan untuk apa yang diharapkan menjadi misi utamanya, yaitu mempertahankan platform gas lepas pantai dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Israel di Mediterania timur. Saat ini, cadangan gas ini menyediakan sebagian besar kebutuhan listrik Israel dan dengan demikian merupakan aset strategis utama.

Kunjungi Juga:  Aljazair Menerima Pesawat Tempur Mig-29M dari Rusia

Selain mempertahankan ZEE, korvet kelas Sa’ar 6 diharapkan dapat melindungi arus impor ke Israel, yang menjadi andalan negara itu. Dengan jangkauan 2.500 mil dan endurance (daya tahan) yang lama berkat sistem propulsi gabungan diesel dan diesel (CODAD), korvet tersebut juga berpotensi melakukan operasi jarak jauh, termasuk pelarangan semua jenis senjata serta mencegah penyelundupan barang selundupan.

Video prosesi penyerahan korvet kelas Sa’ar 6 Angkatan Laut Israel. Kredit: yotutube

Pengiriman berikutnya dalam program Sa’ar 6 diharapkan mengikuti dalam tempo yang cepat, dengan tiga kapal berikutnya akan tiba di Israel pada tahun 2021: INS Oz pada bulan Juli, INS Atzmaut pada bulan September, dan INS Nitzhahon pada bulan November. Jadi, sangat jelas kedatangan korvet kelas Sa’ar 6 menandakan kemajuan besar bagi Angkatan Laut Israel saat mengkonfigurasi ulang misi intinya di Mediterania timur.

Sumber Referensi:

  1. https://www.thyssenkrupp-marinesystems.com/en/newsroom/press-releases/press-detail-page/thyssenkrupp-marine-systems-officially-hands-over-the-corvette-ins-magen-to-the-israeli-navy-90038
  2. https://www.navalnews.com/naval-news/2020/11/tkms-hands-over-saar-6-corvette-ins-magen-to-the-israeli-navy/
  3. https://www.thedrive.com/the-war-zone/37604/israel-has-taken-delivery-of-its-most-capable-ever-warship
  4. https://twitter.com/IDF/status/1326568487913918466
  5. https://www.youtube.com/watch?v=yRVbxJXoiXU

pinit fg en rect red 28

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *