Boeing Telah Menyelesaikan Tes Mesin Di UAV Loyal Wingman Australia

UAV Australia

Boeing mengumumkan pada Selasa (15/09/2018), bahwa mereka telah menyalakan mesin turbofan komersial pada prototipe pertama dari unmanned aerial vehicle (UAV). Langkah ini sebagai bagian dari pengujian darat dan persiapan untuk penerbangan pertama, dikutip dari boeing.mediaroom.com.

Tonggak sejarah ini datang setelah Boeing menyelesaikan pesawat Loyal Wingman tak berawak pertama untuk Royal Australian Air Force (angkatan udara Australia) awal tahun ini, sebuah langkah maju yang besar untuk kendaraan tak berawak (UAV) yang berfungsi sebagai fondasi untuk Boeing Airpower Teaming System Global (ATS), sebuah pesawat yang menggunakan kecerdasan buatan. Pesawat yang sama juga dikembangkan untuk pasar pertahanan global.

Terkait Boeing Airpower Teaming System global (ATS) adalah program kolaborasi antara Boeing Australia dengan Royal Australian Air Force (RAAF) yang rencananya akan mengembangkan tiga buah prototipe sebagai bagian dari Loyal Wingman Advanced Development Program.

Ketika Boeing Airpower Teaming System global (ATS) telah selesai sepenuhnya, maka ATS akan memiliki panjang sekitar 11,7 meter (yang pada dasarnya hampir seukuran pesawat tempur). Serta diharapkan dapat mencapai jangkauan operasional lebih dari 3000 km. Pesawat tersebut juga akan dapat meggunakan peperangan elektronik atau muatan sensor di dalam ruang misi modularnya. Tentu saja juga dapat disesuaikan untuk membawa senjata.

ATS Engine Test
Boeing ATS sedang melaksanakan tes engine. Kredit : Boeing Ausralia

Pesawat ATS diharapkan dapat terbang secara otonom atau semi otonom dalam dukungan langsung kepada platform dalam inventaris Royal Australian Air Force (RAAF) seperti, pesawat peperangan elektronik EA-18G Gowler, pesawat pemburu kapal selam dan patroli maritim P-8A Poseidon, dan pesawat Airborne Early Warning and Control (AEW&C) E-7A Wedgetail serta pesawat tempur terbaru RAAF Lockheed Martin F-35 Lightning II.

Kunjungi Juga:  Menkav 1 Marinir Dukung Uji Fungsi Embarkasi Dan Debarkasi KRI Teluk Youtefa-522

Sumber Referensi:

  1. https://boeing.mediaroom.com/news-releases-statements?item=130734
  2. https://twitter.com/BoeingAustralia/status/1305621874336960512
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *