Terharu, Pesawat N-250 Gatotkaca Resmi Menjadi Anggota Keluarga Muspusdirla

Pesawat N-250

Sebelumnya penulis sempat menginformasikan bahwa pesawat N-250 Gatotkaca telah sampai di Museum Pusat TNI AU Dirgantala Mandala (Muspusdirla) Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta. Hari ini rencananya pesawat akan diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dikutip dari akun twitter resmi milik TNI Angkatan Udara, Rabu (26/08/2020). Setelah sebelumnya menempuh perjalanan jauh via darat selama kurang lebih 7 hari dari “rumah” lamanya di Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung menuju tempat “peristirahatan” terakhirnya Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta. Dalam proses pengirimannya, pesawat ini harus rela dimutilasi dipreteli terlebih dahulu sebelum akhirnya dirakit kembali kebentuk utuhnya serta tidak lupa “dimandikan” untuk persiapan seremoni peresmian pesawat tersebut sebagai warga baru di Muspusdirla.

Pesawat yang pernah menjadi ikon kebanggaan dan puncak pencapaian teknologi dibidang dirgantara bangsa Indonesia ini nantinya akan ditempatkan ditempat yang strategis yaitu didepan pintu masuk museum. Ini berarti, pesawat N-250 Gatotkaca akan diapit oleh pesawat tempur A-4 Skyhawk pada sisi kanan serta helikopter Super Puma pada sisi kirinya. Berdasarkan keterangan Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Dede Nasrudin menginformasikan bahwa pesawat N -250 Gatotkaca merupakan koleksi yang ke-60 dari Muspusdirla, Yogyakarta.

Seperti kita ketahui bersama pesawat N-250 Gatotkaca merupakan “masterpiece” dari presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie. Namun sayangnya, setelah 23 tahun sejak penerbangan pertamanya (first flight) kini pesawat tersebut hanya tinggal kenangan, berakhir menjadi penghuni abadi di Museum Pusat TNI AU Dirgantala Mandala (Muspusdirla) Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta. Semoga damai ditempat “peristiratan” terakhirmu dan terima kasih Bapak BJ Habibie.

Kunjungi Juga:  Elbit System Dari Israel Menawarkan Tank Ringan Sabrah Untuk Filipina

Sumber refrensi:

  1. https://twitter.com/_TNIAU/status/1298471610710495232

pinit fg en rect red 28

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *