Elbit System Dianugerahi Kontrak Untuk Memasok Tank Ringan Sabrah

Elbit System Dianugerahi Kontrak Untuk Memasok Tank Ringan Sabrah

Kontraktor pertahanan Israel, Elbit System dalam siaran persnya mengumumkan telah menerima kontrak senilai sekitar $ 172 juta untuk mengirimkan tank ringan ke sebuah negara di Asia Pasifik, dikutip dari laman elbitsystem.com, Selasa (26/01/2021). Kontrak tersebut akan diimplementasikan selama tiga tahun.

Sebagai kontraktor utama, Elbit Systems akan memasok tank ringan Sabrah berdasarkan pada platform berantai  ASCOD yang diproduksi oleh General Dynamics European Land Systems (GDELS) Santa Bárbara oleh Spanyol, dan pada platform beroda Pandur II diproduksi oleh Excalibur Army oleh Republik Ceko. 

Tank ringan Sabrah dengan berat 30 ton memberikan kombinasi unik dari kapasitas tembakan yang kuat dan kemampuan manuver yang tinggi. Kedua platform akan dilengkapi dengan menara 105mm dan berbagai subsistem perusahaan, termasuk sistem electro-optical sights, sistem kendali tembakan, sistem manajemen pertempuran TORCH-X, sistem radio yang berbasiskan perangkat lunak E-LynX dan sistem pendukung kehidupan.

“Kontrak tank ringan ini mencerminkan kerja sama strategis yang saling menguntungkan antara Elbit Systems dan GDELS, berdasarkan pengembangan bersama. Portofolio lengkap subsistem kami memberi kami posisi yang kuat di pasar kendaraan lapis baja, terutama karena persyaratan misi menjadi lebih beragam dan semakin terintegrasi. Kami percaya bahwa solusi tank ringan Sabrah dapat memberikan nilai operasional yang tinggi untuk angkatan bersenjata. “

Presiden & CEO Elbit System, Bezhalel (Butzi) Machlis
Pandur II
IFV Pandur II berbasiskan platform ASCOD.
Kredit: twitter/@ElbitSystemLtd

Dengan desain modular dan arsitektur terbuka, platform ASCOD dapat dimodifikasi dengan mudah untuk berbagai peran seperti, sebagai Light Tank (LT) atau Medium Main Battle Tank (MMBT), dan dapat diintegrasikan dengan meriam kaliber besar hingga 120mm. Tiga negara lain yaitu, Austria, Spanyol, dan Inggris telah memilih ASCOD sebagai platform kendaraan lapis baja berantai mereka. Kendaraan untuk keempat pelanggan itu akan diberi nama “Sabrah”.

“Kami senang karena pelanggan pertama di luar Eropa memilih ASCOD kami sebagai platform tank ringan masa depan mereka. Ini menunjukkan tren yang jelas di segmen kendaraan lapis baja hingga kelas menengah (≤ MLC 50) dan platform multi-peran, yang memberikan tentara modern kesamaan, interoperabilitas, fleksibilitas, serta mobilitas militer yang canggih, sekaligus secara signifikan mengurangi kompleksitas dan biaya logistik. Dengan kontrak ini, jumlah kendaraan ASCOD yang dalam pelayanan atau kontrak mencapai 1.000 unit, bukti inovasi sistem dan kemampuannya untuk menyesuaikan dengan semua kebutuhan pelanggan. Desain modular dan arsitektur terbuka ASCOD adalah contoh yang bagus untuk pendekatan lanjutan ini.”

Wakil Presiden Bisnis & Layanan Internasional untuk GDELS, Dr. Thomas Kauffmann
Video promosi terkait platform ASCOD.
Kredit: youtube/Max Legion

Meski dalam siaran persnya Elbit System tidak merinci dengan jelas siapa negara di asia pasifik yang dimaksud, namun besar kemungkinan negara terebut adalah Filipina. Sebelumnya, penulis telah menginformasikan bahwa pada bulan Oktober 2020, Perusahaan dari Israel Elbit Systems dengan tank ringan Sabrah telah terpilih sebagai pemenang untuk Proyek Akuisisi Tank Ringan Angkatan Darat Filipina. Tank ini mengalahkan kontestan lainnya yaitu, tank ringan Hanwha Systems K21-105, Otokar Arma 105, dan Pindad Harimau Light Tank.

Sangat disayangkan bahwa Tank Ringan Harimau yang merupakan produksi perusahaan Indonesia Pindad tidak terpilih, namun mampu untuk lolos dan bersaing dengan produsen lainnya yang sudah mapan merupakan prestasi tersendiri bagi tank karya anak bangsa ini semoga dilain kesempatan Tank Ringan Harimau dapat dipercaya oleh konsumen lainnya.

Share this article
Kunjungi Juga:  Menhan Menyerahkan 40 Unit Rantis Maung Kepada TNI Dalam Rapim Kemhan 2021
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *