Saab Mengirimkan Pesawat AEW&C GlobalEye Ketiga Untuk Uni Emirat Arab

Saab Mengirimkan Pesawat AEW&C GlobalEye Ketiga Untuk Uni Emirat Arab

Kontraktor pertahanan Swedia, Saab telah mengirimkan pesawat AEW&C GlobalEye yang ketiga untuk Uni Emirat Arab, dikutip dari pengumuman resmi saab.com, Sabtu (20/02/2021). Pengiriman ini menyusul pengiriman pesawat GlobalEye pertama dan kedua pada bulan April dan september 2020 ke Uni Emirat Arab. Secara keseluruhan Uni Emirat Arab telah memesan lima pesawat GlobalEye. 

“Menyelesaikan tiga pengiriman pesawat AEW&C GlobalEye dalam waktu kurang dari satu tahun membuktikan keahlian Saab yang solid sebagai penyedia solusi teknologi tinggi dan fokus kami dalam memenuhi komitmen kami, terutama mengingat keadaan saat ini. Dengan menangani seluruh proses, termasuk pengembangan dan integrasi sensor, kami secara unik mengontrol setiap bagian penting dari program kompleks ini. ”

Presiden dan CEO Saab, Micael Johansson

Pada bulan November 2015 selama gelaran Dubai Air Show, kontraktor pertahanan Swedia, Saab telah menandatangani kontrak dengan Uni Emirat Arab (UEA) untuk menyediakan dua pesawat GlobalEye, yang diikuti oleh kontrak tambahan pada tahun 2017, untuk pesawat ketiga. Pengadaan pesawat GlobalEye oleh Uni Emirat Arab ini sekaligus menjadikan negara tersebut sebagai pelanggan pertama dari pesawat ini. Pada bulan November 2019, Uni Emirat Arab juga mengumumkan niatnya untuk menyelesaikan amandemen kontrak pembelian dua pesawat tambahan.

Pesawat GlobalEye merupakan platform Airborne Early Warning & Control (AEW & C) yang dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan pertahanan dan keamanan Swedia Saab. GlobalEye terdiri dari serangkaian sensor yang menggunakan radar dan sistem misi Saab Erieye ER (Extended Range), yang diinstal pada pesawat jet bisnis jarak jauh Bombardier Global 6000. Sensor utama dari GlobalEye adalah radar Airborne Early Warning (AEW) Erieye ER. Dengan berat sekitar 1 ton, radar tersebut dipasang di atas badan pesawat twinjet. Saab telah mengklaim bahwa jangkauan dari sistem radar AEW mencapai 450 km (216 nm) saat diterbangkan pada ketinggian operasi 30.000 kaki.

Kunjungi Juga:  Saab Dianugerahi Kontrak Untuk Sistem Senjata Carl-Gustaf Oleh Angkatan Darat Amerika Serikat
Video promosi dari pesawat AEW&C Global Eye.
Kredit: youtube/saab

Pesawat Airborne Early Warning & Control (AEW & C) Global Eye mampu mendeteksi dan melacak berbagai kombinasi target udara dan permukaan, serta target darat dan laut secara simultan, sementara itu pesawat ini memiliki endurance/daya tahan dalam melaksanakan misi hingga sebelas jam. Jangkauan radar 450km adalah garis pandang dan dibatasi sampai 450km karena kelengkungan bumi, jangkauan instrumen sebenarnya 550km. GlobalEye dilengkapi dengan berbagai sensor tambahan, termasuk radar pengawas maritim Seaspray 7500E, radar Seaspray dilengkapi dengan radar apertur sintetis dan mode indikasi target bergerak berorientasi darat.

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *