Rusia Menguji Coba Rudal Hipersonik Zirkon

Fregat Admiral Gorskhov Menembakkan Rudal Hiersonik Zircon

Kementerian Pertahanan Rusia telah mempublikasikan video peluncuran rudal jelajah hipersonik Zirkon dari fregat Admiral Gorshkov di Laut Putih terhadat target yang terletak di Laut Barents dalam sebuah uji coba baru-baru ini. Pengujian rudal hipersonik Zirkon dimulai pada tahun 2015, dengan hampir selusin tes uji coba yang telah dikonfirmasi dan dinyatakan selesai pada 2018. Presiden Putin secara khusus menyatakan bahwa rudal hipersonik Zirkon dalam pidatonya tahun 2018 di depan parlemen sebagai salah satu sistem strategis utama yang mampu menghindari sistem pertahanan rudal Amerika serta dengan demikian menjamin kemampuan militer Rusia.

Koheren dengan laporan Kementerian Pertahanan Rusia, mengutip laman berita Rusia tvzvezda.ru, Rabu (07/10/2020), menginformasikan bahwa fregat terbaru Rusia “Admiral Gorshkov” untuk pertama kalinya meluncurkan rudal jelajah hipersonik “Zirkon” dari Laut Putih ke sasaran laut yang terletak di Laut Barents. Menurut data kontrol obyektif, rudal jelajah anti-kapal hipersonik Zircon berhasil mencapai target laut pada jarak 450 km dengan tembakan langsung. Uji terbang rudal jelajah hipersonik Zirkon akan dilanjutkan. Kompleks rudal hipersonik “Zirkon” direncanakan untuk melengkapi kapal selam dan kapal permukaan Angkatan Laut Rusia.

Uji coba peluncuran rudal hipersonik Zirkon. Kredit: Kementerian Pertahanan Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin memuji keberhasilan uji coba rudal hipersonik Zirkon, yang menyatakan bahwa ini adalah peristiwa penting bagi negara dan berkontribusi pada keamanan negara, dilansir dari militaryleak.com, Rabu (07/10/2020). Presiden Vladimir Putin juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam proyek tersebut diantaranya kepada Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Valery Gerasimov. 

Presiden Putin membuat pernyataan itu setelah militer memastikan keberhasilan menyelesaikan tes tersebut. “Saya ingin berterima kasih kepada Anda semua atas pekerjaan yang telah dilakukan, untuk hasilnya, dan mengungkapkan harapan bahwa di masa depan semua spesialis yang terlibat dalam persenjataan kembali militer Rusia akan terus bekerja seefisien dan setangguh yang telah dilakukannya untuk titik ini ”, kata presiden dalam video meeting dengan Staf Umum.

Rusia Menguji Coba Rudal Hipersonik Zirkon 1
Rusia menguji coba rudal hipersonik Zirkon. Kredit: pinterest.com

3M22 Zircon yang juga disebut 3M22 Tsirkon (kode NATO: SS-N-33) adalah rudal jelajah hipersonik anti-kapal yang bermanuver dan bertenaga scramjet yang saat ini sedang dalam pengujian oleh Rusia, disadur dari en.wikipedia.org, Jumat (09/10/2020). Rudal Zircon diyakini sebagai rudal jelajah hipersonik yang bermanuver menggunakan sirip serta bodi tengah yang menghasilkan daya angkat. Tahap booster dengan mesin bahan bakar padat mempercepatnya ke kecepatan supersonik, setelah itu motor scramjet dengan bahan bakar cair (Decilin) ​​di tahap kedua mempercepatnya hingga kecepatan hipersonik. Kisaran rudal tersebut diperkirakan 135 hingga 270 mil laut pada ketinggian rendah dan hingga 400 nmi dalam lintasan semi-balistik, jangkauannya diperkirakan sekitar 400–450 km.

Kunjungi Juga:  Seru! Marinir Melaksanakan Pertempuran Kota

Sumber Referensi:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=LMV_akZ2SWU
  2. https://tvzvezda.ru/news/forces/content/2020107102-1EJJs.html?utm_source=tvzvezda&utm_medium=longpage&utm_campaign=longpage&utm_term=v1
  3. https://militaryleak.com/2020/10/07/zircon-missile-attains-mach-8-during-first-firing-test/
  4. https://en.wikipedia.org/wiki/3M22_Zircon
  5. https://www.pinterest.at/pin/138133913560275943/
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *