Lagi! PT DI Mengirimkan Helikopter Bell-412EPI yang Ketiga Untuk TNI AD

PT DI Mengirimkan Helikopter Bell-412EPI yang ketiga untuk TNI AD

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia kembali menerima kiriman 1 unit Helikopter Bell-412EPI yang ketiga dari PT Dirgantara Indonesia, dikutip dari akun twitter PT DI. Sebelumnya pada tanggal 29 Desember 2020 dan 17 Februari 2021, PT Dirgantara Indonesia telah menyerahkan 2 unit Helikopter Bell-412EPI, dengan diserahkannya kembali Helikopter Bell-412EPI hari ini, maka tersisa 6 unit lagi yang akan dikirim.

Helikopter Bell-412EPI yang akan digunakan oleh Skadron-11 Serbu Puspenerbad memiliki spesifikasi dan konfigurasi yang lebih advance dibandingkan dengan jenis Bell-412 lainnya. Helikopter Bell 412EPI memiliki kemampuan Single Pilot IFR dengan 4-axis stability and control. Selain itu, sistem avionik helikopter ini sangat mudah disesuaikan dengan konfigurasi mengikuti kebutuhan operasi dan kebutuhan.

Helikopter Bell-412EPI tersebut memiliki kemampuan payload 5.534 kilogram, dengan kapasitas bahan bakar 1.251 liter dan jumlah penumpang 15 orang termasuk 1 pilot. Helikopter ini ditenagai oleh mesin Pratt & Whitney PT6T-9 Twin Pac yang memiliki tenaga take-off 15 persen lebih besar dibandingkan jenis mesin helikopter Bell-412 lainnya. Berkat mesin tersebut helikopter ini mampu terbang dengan payload 4.309 kilogram sejauh 687 kilometer selama 4 jam serta kecepatan jelajahnya hingga 235 kilometer perjam.

Helikopter Bell-412EPI yang dikirim PT DI untuk TNI Angkatan Darat mengusung sejumlah persenjataan, salah satunya adalah meriam M134D. Senjata ini merupakan hasil kerja sama antara Dillon Aero dengan PT DI. Dillon Aero nantinya akan memberikan pelatihan dan supervisi selama proses instalasi, sekaligus membantu uji statis maupun uji dinamis senjata tersebut. Minigun M134D tersebut menggunakan amunisi standar NATO 7,62×51 mm hasil produksi PT Pindad.

Ferry Flight Helikopter Bell 412EPI yang ketiga
Ferry Flight Helikopter Bell-412EPI.
Kredit: twitter/@officialptdi

PT Dirgantara Indonesia dan Bell telah menjalin kerja sama selama lebih dari 39 tahun. Kerja sama ini dimulai dari produksi di bawah lisensi komponen helikopter Bell-412 untuk mendukung kemajuan industri pertahanan Indonesia. PT Dirgantara Indonesia saat ini memproduksi bagian ekor dari helikopter Bell-412. Tahun 2009 kerja sama PTDI dan Bell semakin meningkat dengan kepercayaan dari Bell kepada PTDI untuk memproduksi dan menjadi pusat kustomisasi helikopter Bell 412, seri terbaru yaitu Bell-412 EPI.

Share this article
Kunjungi Juga:  Penerbangan Perdana F-16V Upgrade Yunani
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *