NATO Menerima Pesawat Tanker A330 MRTT yang Keempat

NATO Menerima Pesawat Tanker A330 MRTT yang Keempat

Dalam pertempuran udara modern, keberadaan pesawat tanker memegang peranan vital dalam rangka mewujudkan air dominance/dominasi udara, karena keberadaan aset ini diibaratkan sebagai penyambung “nafas” bagi armada pesawat tempur dan aset udara lainnya. Namun, sayangnya harga dan biaya operasi dari pesawat tanker ini terbilang mahal sehingga cukup menguras kantong anggaran pertahanan sehingga kebanyakan negara hanya memiliki dan mengoperasikan pesawat ini dalam jumlah sedikit (kecuali negara super power dengan anggaran pertahanan fantastis). Untuk menyiasatinya beberapa negara bekerja sama untuk “patungan” mengakuisisi dan mengoperasikan pesawat ini, tidak terkecuali dengan negara-negara yang tergabung dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau yang biasa kita kenal sebagai NATO.

Mengutip dari akun twitter Multinational Multirole Tanker Transport Unit, Jumat (02/04/2021), merilis publikasi yang memperlihatkan pesawat A330 Multi Role Tanker Transport (MRTT) yang keempat dari Armada MRTT Multinasional (MMF) telah mendarat di bandara Eindhoven, Belanda. Pesawat tersebut tiba di rumah barunya setelah sehari sebelumnya diserahkan oleh produsennya, Airbus Defense and Space ke NATO Support and Procurement Agency (NSPA), yang mengelola armada atas nama negara-negara MMF.

Pesawat ini merupakan unit tambahan yang keempat dari total sembilan unit armada pesawat tanker MMF. Pesawat pertama, kedua dan ketiga telah dikirim masing-masing pada bulan Juni, Agustus dan November 2020. Multinational Multirole Tanker Transport Unit (MMU) sekarang mengoperasikan MMF1 dan MMF2 untuk tujuan pelatihan dan secara bertahap akan digunakan untuk tugas-tugas operasional di bulan-bulan mendatang.

Kunjungi Juga:  MAN Energy Solution Menyuplai Mesin Untuk Kapal Pemburu Ranjau TNI AL

Sementara itu, konversi MMF3 menjadi konfigurasi aeromedical evacuation (MEDEVAC) telah diselesaikan fasilitas perakitan akhir di Cologne, Jerman. Pesawat tersebut sekarang memiliki kit MEDEVAC yang terdiri dari 16 tandu medis dan hingga enam intensive care units/unit perawatan intensif (ICU). Upaya sekarang diarahkan ke pelatihan dan sertifikasi untuk memastikan kemampuan MEDEVAC tersedia untuk negara-negara MMF pada awal musim panas tahun ini.

Pada saat yang sama, pesawat MMF kelima, keenam dan ketujuh saat ini sedang dalam pengerjaan di fasilitas Airbus di Getafe, Madrid dan akan direncanakan dikirim ke MMU pada kuartal keempat tahun ini dan sepanjang tahun 2022. Armada penuh akan terdiri dari sembilan pesawat angkut tanker multi-peran yang mampu menyediakan transportasi strategis, pengisian bahan bakar udara-ke-udara dan kemampuan evakuasi medis ke enam negara yang berpartisipasi diantaranya, Belgia, Republik Ceko, Jerman, Luksemburg, Belanda dan Norwegia. Di antara sembilan pesawat MMF, lima unit akan berbasis di Eindhoven, sementara empat unit lainnya akan bermarkas di Cologne.

Share this article
NATO Menerima Pesawat Tanker A330 MRTT yang Keempat
Next Post

No more post

Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *