Angkatan Laut Amerika Serikat Memesan 11 Unit Pesawat P-8A Poseidon Tambahan

Angkatan Laut Amerika Serikat Memesan 11 Unit Pesawat P-8A Poseidon Tambahan

Dalam jajaran aset pemburu kapal selam Amerika Serikat, pesawat P-8A Poseidon tidak diragukan lagi merupakan aset paling berharga yang dimiliki oleh US Navy (Angkatan Laut Amerika Serikat) beserta sekutunya. Pesawat yang dikembangkan oleh raksasa dirgantara, Boeing Defense tersebut “ditasbihkan” sebagai penerus dari pesawat P-3C Orion setelah beroperasi dalam layanan selama lebih dari 40 tahun. Dengan semakin kompleksnya tantangan yang diakibatkan oleh keberadaan armada kapal selam Rusia dan China, sangat wajar jika Angkatan Laut Amerika Serikat menambah jumlah pesawat P-8A Poseidon di dalam armadanya. Mengutip dari siaran pers resmi boeing.mediaroom.com, Rabu (31/03/2021), mengumumkan bahwa Angkatan Laut Amerika Serikat telah menganugerahi kontrak kepada Boeing senilai $ 1,6 miliar untuk pengadaan 11 unit pesawat P-8A Poseidon tambahan.

Dari 11 unit pesawat yang dipesan tersebut, 9 unit akan bergabung dengan armada Angkatan Laut Amerika Serikat sementara 2 unit lainnya akan dikirim ke Royal Australian Air Force (Angkatan Udara Australia/RAAF), mitra kerja sama dalam program gabungan P-8A sejak tahun 2009. Dengan kontrak tersebut membuat jumlah total pesawat P-8A Poseidon dalam inventaris Angkatan Laut Amerika menjadi 128 unit. Sementara jumlah keseluruhan aset P-8A Poseidon RAAF menjadi 14 unit yang bermarkas di Edinburgh untuk melengkapi skuadron no. 11.

“Pesawat P-8A Poseidon terus menjadi aset yang tak ternilai dan akuisisi pesawat tambahan ini akan membantu memberikan kemampuan patroli dan pengintaian maritim yang lebih baik dalam armada Angkatan Laut Amerika Serikat dan Angkatan Udara Australia.”

 Manajer Program untuk Program Patroli dan Pengintaian Maritim US Navy,  Eric Gardner

Pesawat P-8A Poseidon telah dimiliterisasi dengan berbagai senjata maritim, serta dilengkapi dengan modern open mission system architecture/sistem arsitektur misi terbuka modern, dan dukungan komersial untuk menghemat anggaran pegoperasian dan perawatan. Pesawat ini merupakan aset utama dengan kemampuan mendeteksi dan melacak keberadaan kapal selam. Poseidon memiliki dua hardpoint/cantelan senjata di setiap sayap yang dapat mengakomodasikan bom dan rudal anti kapal serta mampu membawa 129 sonobuoy. Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem pengisian bahan bakar eksternal sehingga memungkinkan untuk melakukan pengisian bahan bakar diudara. 

Pesawat Patroli P 8A Poseidon
Pesawat P-8A Poseidon US Navy.
Kredit: twitter/@BoeingDefense

“Kami terus mendengar umpan balik dari skuadron Angkatan Laut Amerika Serikat dan sekutu yang telah mengoperasikan pesawat P-8A Poseidon yang menyatakan bahwa pesawat ini melebihi harapan. Untuk kedepannya fokus kami adalah menghadirkan pesawat patroli maritim terbaik dunia, yang akan terealisasi ketika tim benar-benar berkolaborasi, mendengarkan, dan fokus pada prioritas pelanggan. ”

Wakil Presiden dan Manajer Program untuk program pesawat P-8A Poseidon, Stu Voboril

Pesawat P-8A Poseidon merupakan pesawat perang anti kapal selam dan anti kapal perang permukaan jarak jauh yang digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dan sekutunya. Pesawat tersebut memegang peranan penting untuk pengumpulan intelijen, pengintaian, pengawasan, serta misi search and rescue. Poseidon telah beroperasi dalam layanan angkatan laut dan angkatan udara di seluruh dunia, dengan 103 pesawat dalam pelayanan dan lebih dari 300.000 jam terbang, kinerja dan keandalan dari pesawat P-8A Poseidon telah memberikan kepercayaan kepada pelanggan di seluruh dunia dalam menghadapi dinamika dunia yang bergejolak.

Kunjungi Juga:  Amerika Serikat Menyetujui Penjualan P-8A Poseidon ke Jerman

Mengambil basis dari pesawat komersial Boeing 737 Next-Generation, P-8A Poseidon menggabungkan sistem senjata paling canggih di dunia dengan keunggulan biaya dari pesawat paling populer di planet ini. Pesawat ini memiliki 86% kesamaan dengan pesawat 737NG komersial yang memberikan skala ekonomi rantai pasokan yang sangat besar dalam produksi dan dukungan pengoperasiannya. Pesawat P-8 memiliki dua varian yaitu, P-8I yang beroperasi di Angkatan Laut India, dan P-8A Poseidon yang beroperasi di Angkatan Laut AS, Angkatan Udara Australia dan Angkatan Udara Inggris. 

Pesawat P-8A Poseidon memiliki sistem komunikasi yang luas termasuk radio dan tautan data di VHF, UHF, HF, dan SATCOM. Kapasitas bahan bakar internalnya berkapasitas 34 ton memungkinkan P-8A untuk melakukan misi anti-kapal selam pada jarak lebih dari 2.000 kilometer dari pangkalan. P-8A akan kompatibel untuk pengisian bahan bakar udara ke udara dengan KC-30A MRTT. Pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan maksimum 907 km / jam dengan jangkauan maksimum 7.500 km.

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *