Penerbangan Perdana Gripen E Brasil

Gripen E Brasil

Pada tanggal 25 September 2020 pesawat tempur Gripen E (F-39) pertama milik Brazilian Air Force (FAB atau angkatan udara Brasil) telah berhasil menyelesaikan penerbangan perdananya (first flight) dari bandara di Navegantes ke fasilitas Embraer di Gavião Peixoto, di kutip dari akun twitter resmi Saab AB, Jumat (25/09/2020).

Presentasi resmi F-39 pertama dijadwalkan berlangsung selama Hari Penerbang dan upacara Hari Angkatan Udara Brasil di Brasilia bulan depan, pada 23 Oktober, dirujuk dari saabgroup.com, Jumat (25/09/2020). Pesawat produksi pertama akan dikirim ke Angkatan Udara pada akhir 2021 di Wing 2 di Anápolis (Negara Bagian Goiás). Tahun depan, Saab juga akan menyelesaikan pengiriman pesawat pertama yang dibangun di Swedia dan Embraer akan memulai perakitan lokal dari 15 pesawat terakhir yang akan dikirim mulai 2023.

Presiden dan CEO Embraer Defense & Security, Jackson Schneider, menjelaskan perpanjangan kemitraan ini: “Embraer akan memainkan peran utama dalam pelaksanaan program Gripen di Brasil dan akan bertanggung jawab untuk pengembangan sistem, integrasi, pengujian penerbangan, final perakitan, dan pengiriman pesawat untuk mendukung operasi Angkatan Udara Brasil. Dalam hal transfer teknologi, Gripen adalah peluang besar untuk meningkatkan pengetahuan kami dalam pengembangan dan pembuatan pesawat tempur canggih”, disadur dari airrecognition.com, Jumat (25/09/2020)

Menteri Pertahanan Brasil, Fernando Azevedo e Silva juga menyoroti pentingnya berbagi pengalaman yang timbul dari kerja sama antara Brasil dan Swedia: “Gripen meningkatkan kapasitas operasional Angkatan Udara Brasil dan mempromosikan kemitraan yang mendorong penelitian dan pengembangan industri di kedua negara, “Menteri Pertahanan menyatakan.

Gripen E PAF
Gripen E (F-39) Brazilian Air Force (PAF). kredit: pinterest.at

Untuk Komandan Angkatan Udara Brazil , Letnan Brigadir Antonio Carlos Moretti Bermudez, kedatangan pesawat F-39 Gripen pertama merupakan tonggak penting untuk proyek ini: “Merupakan kepuasan yang luar biasa bagi Brazilian Air Force (FAB) untuk melihat pesawat ini terbang di wilayah nasional. F-39 (penamaan lokal untuk Gripen E) merupakan pesawat multirole yang baru, yang akan menjadi tulang punggung Brazilian Air Force (FAB) dan menegaskan kembali komitmen dari Brazilian Air Force (FAB) untuk menjaga kedaulatan negara dan untuk mempertahankan dua puluh dua juta kilometer persegi di bawah tanggung jawabnya ”, dilansir dari theaviationist.com, Jumat (25/09/2020).

Kunjungi Juga:  LAPAN Berhasil Meluncurkan Roket RX450-5

Pengujian penerbangan yang akan dilakukan oleh Embraer di Brasil akan sepenuhnya terintegrasi dengan yang dimulai oleh Saab pada tahun 2017. Menurut siaran pers , pengujian di Brasil akan mencakup pengujian sistem kontrol penerbangan, sistem kontrol lingkungan, dan perilaku pesawat. dalam kondisi iklim tropis, selain pengujian sistem spesifik Brasil, seperti sistem komunikasi Link BR2 terenkripsi, dan integrasi senjata .

Gripen E
Foto Gripen E yang diambil oleh drone. Kredit : pinterest.at

Kemitraan dengan Brasil dimulai pada 2014 dengan kontrak untuk pengembangan dan produksi 36 pesawat, yang terdiri dari 28 Gripen E single seat (kursi tunggal) dan delapan Gripen F doble seat (kursi ganda), untuk Angkatan Udara Brasil, setelah 10 tahun negosiasi yang mengalahkan Boeing F / A-18E Super Hornet dan Dassault Rafale. Program transfer teknologi selama satu dekade yang komprehensif juga akan menguntungkan pengembangan industri dirgantara lokal yang berpartisipasi dalam program Gripen Brasil.

Sumber Referensi:

  1. https://saabgroup.com/media/news-press/news/2020-09/the-first-brazilian-gripen-has-flown-in-brazil/
  2. https://twitter.com/Saab/status/1309206426993262592
  3. https://www.airrecognition.com/index.php/news/defense-aviation-news/2020/september/6588-first-flight-in-brazil-for-brazilian-air-force-saab-gripen-e.html
  4. https://theaviationist.com/2020/09/25/first-brazilian-gripen-e-flies-for-the-first-time-in-brazil/
  5. https://id.pinterest.com/pin/543035667551543123/?nic_v2=1a5ZTBx4N
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *