Patria & Piranha Melanjutkan “Pertarungan” Dalam Tender Di Bulgaria

Patria & Piranha Melanjutkan Pertarungan Dalam Tender Di Bulgaria

Bulgaria mengadakan tender untuk memperoleh 150 kendaraan tempur lapis baja modern, yang dimana terdapat dua kandidat yang berhasil melanjutkan ke tahap kedua dalam tender yaitu, Patria AMVXP dan General Dynamics Mowag Piranha V, dilansir dari militaryleak.com, Senin (05/10/2020). Laporan pers lokal mengklaim bahwa kedua tawaran yang diajukan secara signifikan melebihi anggaran program, yang ditetapkan pada 1,46 miliar levs (sekitar $ 870 juta) sekitar. 

Besarnya pembengkakan anggaran sedemikian rupa sehingga terdapat risiko bahwa tender akan dibatalkan secara langsung, menurut beberapa laporan yang mencatat bahwa kunjungan Menteri Pertahanan Bulgaria Krasimir Krakaczanow ke Amerika Serikat dalam beberapa minggu kedepan ditengarai untuk menandatangani “road map” 10 tahun kerjasama pertahanan bilateral yang dapat mengarah pada akuisisi langsung kendaraan buatan Amerika Serikat tersebut.

Patria AMV
Armored Modular Vehicle Patria 8×8. Kredit: pinterest.com

Dalam pembukaan tender yang dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Pertahanan Bulgaria Anatoliy Velichkov, Panglima Angkatan Darat Bulgaria, Mayor Jenderal Mihail Popov, perwakilan perusahaan, serta direktur direktorat dari Kementerian Pertahanan. Kelompok kerja antar departemen akan mengevaluasi proposal harga yang diajukan oleh kedua kandidat. Serangkaian tes dan uji coba lapangan dari kendaraan yang diusulkan akan dilaksanakan untuk memeriksa kecocokan parameter yang dinyatakan dengan persyaratan taktis dan teknis yang telah ditetapkan untuk unit mekanis (persenjataan dan mobilitas) dan sistem komunikasi dan informasi kendaraan tempur lapis baja tersebut.

Mengutip laman id.wikipedia.org, Rabu (07/10/2020), Patria merupakan kendaraan militer multi-guna beroda 8×8 yang diproduksi oleh perusahaan industri pertahanan Finlandia Patria. Adapun fitur utama dari AMV (Armored Modular Vehicle) Patria ialah rancangan modular, yang memudahkan bongkar-pasang berbagai sub sistem didalamnya seperti, kubah meriam, senjata, sensor, atau sistem komunikasi di platform yang sama. Kendaraan ini telah dikembangkan keberbagai versi seperti, kendaraan angkut personel dan kendaraan penempur infanteri, versi komunikasi, versi ambulan dan berbagai versi bantuan tembakan yang berbeda, yang dipersenjatai dengan mortir kaliber besar dan sistem senapan ototmatis. Kendaraan ini memiliki proteksi terhadap ledakan ranjau darat hingga 10 kilogram (22 pon) TNT. Patria memiliki proteksi hingga 30 mm APFSDS dari sudut depan. Fitur lain yang penting dari Patria ialah kemampuan manuver di medan sulit dengan menggunakan sistem suspensi hidraulis yang kokoh dan mutakhir yang dapat mengatur ketinggian posisi setiap roda secara otomatis.

MOWAG Piranha
Armored Modular Vehicle MOWAG Piranha 8×8. Kredit: pinterest.com

Sementara itu rivalnya, MOWAG Piranha adalah keluarga kendaraan tempur lapis baja yang dirancang oleh perusahaan Swiss MOWAG (sejak April 2010 nama perusahaan ini diganti menjadi General Dynamics European Land Systems – Mowag GmbH), disadur dari id.wikipedia.org, Rabu (07/10/2020). Lima generasi kendaraan telah diproduksi oleh Mowag atau di bawah lisensi oleh perusahaan lain,yang dimana variannya telah digunakan oleh pasukan militer di seluruh dunia. Ada beberapa varian dalam versi ini yang memberikan tingkat perlindungan armor yang berbeda dan beberapa jenis turret yang dapat di aplikasikan untuk digunakan dalam berbagai peran. Turunan Piranha telah ditugaskan sebagai angkutan pasukan, kendaraan komando, kendaraan pendukung kebakaran, pelatih tank, dan kendaraan polisi.

Kunjungi Juga:  Kapal Selam Alugoro Melaksanakan Uji Indiscretion Rate Sebelum Diserahkan Ke Kemenhan

Sumber Referensi:

  1. https://militaryleak.com/2020/10/05/patria-and-general-dynamics-continues-to-the-second-phase-of-bulgarian-vehicle-acquisition-program/
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Patria_AMV
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/MOWAG_Piranha
  4. https://www.pinterest.at/pin/136022851232653213/
  5. https://www.pinterest.at/pin/384846730658942139/
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *