Parlemen Jerman Menyetujui Anggaran Untuk Akuisisi 31 Helikopter NH-90 Sea Tiger ASW

Parlemen Jerman Menyetujui Anggaran Untuk Akuisisi 31 Helikopter NH-90 Sea Tiger

Komite anggaran parlemen Jerman menyetujui anggaran untuk akuisisi 31 helikopter NH-90 Sea Tiger ASW (Anti Submarine Warfare) senilai € 2,3 miliar ($ 2,7 miliar) untuk Angkatan Laut Jerman (Busdesmarine), dilansir dari militaryleak.com, Sabtu (21/11/2020). Helikopter yang dijuluki Sea Tiger merupakan varian angkatan laut kedua dari helikopter NH-90 yang akan dibeli oleh Angkatan Laut Jerman untuk menggantikan 24 unit armada tua Westland Sea Lynx Mk.88, helikopter yang saat ini beroperasi dalam peran ASW (anti kapal selam), SAR (Search and Rescue) dan Vertrep (pengisian vertikal).

Helikopter NH-90 Sea Tiger akan menjadi helikopter tempur multi peran masa depan yang akan memberikan perlindungan bagi fregat Angkatan Laut Jerman. Helikopter ini akan menawarkan perlindungan jarak dekat dari serangan musuh, dengan dipersenjatai dengan torpedo atau peluru kendali, helikopter on-board akan digunakan baik dalam perburuan kapal selam dan kapal tempur. Selain itu, helikopter Sea Tiger akan dapat melakukan misi pengangkutan serta misi pencarian dan penyelamatan, misi yang sama seperti pendahulunya, dikutip dari laman navyrecognition.com, Jumat (20/11/2020).

Parlemen Jerman Menyetujui Anggaran Untuk Akuisisi 31 Helikopter NH 90 Sea Tiger 2
Helikopter NH-90 Angkatan Laut Jerman (Bundesmarine).
Kredit: pinterest.com

Angkatan Laut Jerman diharapkan menerima helikopter ASW baru mereka mulai tahun 2025. Helikopter ini akan dikenal sebagai “Sea Tiger” dalam dinas Angkatan Laut Jerman. Sebutan khususnya adalah “Multi-Role Frigate Helicopter” (MRFH). Konfigurasi ini akan menjadi versi Jerman dari NH-90 NATO Frigate Helicopter (NH90 NFH) dan paling dekat dengan varian Perancis dari NFH (NFRS) yang dikenal sebagai Caiman. 

Menurut Angkatan Laut Jerman, helikopter maritim merupakan bagian integral dari “frigate system“. Dilengkapi misalnya dengan sonar, radar dan torpedo, yang menjadikan helikopter ini sensor penting dan pembawa senjata di ASW dan ASuW. Helikopter terebut juga dapat secara fleksibel mendukung operasi maritim melalui misi pengangkutan dan penyelamatan.

Helikopter NH 90 1
Helikopter NH-90 versi maritim 3D.
Kredit: pinterest.com

Helikopter NH-90 merupakan sebuah helikopter militer multi fungsi, yang menggunakan konfigurasi mesin kembar serta teknologi fly-by-wire yang drancang dan diproduksi oleh NHI industries, disadur dari en.wikipedia.org, Selasa (24/11/2020). Helikopter NH-90 bisa diterbangkan oleh hanya seorang pilot dan dirancang untuk beroperasi dalam semua kondisi cuaca, pada waktu siang dan malam. Helikopter ini telah dipesan oleh beberapa negara dan mulai memasuki layanan sejak 2007. Pada bulan November 2020, helikopter NH-90 telah mencatat 265.372 jam penerbangan di angkatan bersenjata dari tiga belas negara.

Kunjungi Juga:  TNI Kerahkan Ribuan Personel Untuk Membantu Evakuasi Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

NH-90 memiliki perbedaan sebagai helikopter produksi pertama yang menampilkan kontrol penerbangan fly-by-wire sepenuhnya. Helikopter ini memiliki dua varian utama yaitu, Tactical Transport Helicopter (TTH) untuk penggunaan tentara dan Naval NATO Frigate Helicopter (NFH). Setiap pelanggan biasanya memiliki berbagai perubahan dan penyesuaian yang dilakukan pada armada NH-90 mereka sendiri, seperti senjata, sensor, dan pengaturan kabin yang berbeda, untuk memenuhi persyaratan spesifik mereka sendiri. Sejak diperkenalkan ke layanan, NH-90 telah mengalami beberapa masalah yang telah menunda penyebaran aktif jenis ini oleh beberapa operator.

Helikopter NH-90 in action.
Kredit: youtube/airbus helicopter

Helikopter Multi Role Frigate (MRFH) NH-90 Sea Tiger akan dipersenjatai dengan light torpedo MU-90. Torpedo ringan yang telah dirancang dan dibangun dengan teknologi paling canggih untuk melawan kapal selam konvensional dan nuklir dan merupakan senjata anti-kapal selam “fire and forget” yang dapat diluncurkan baik dari kapal maupun pesawat. Sistem pelacak torpedo yang cocok dengan sistem propulsi energi tinggi, memberikan jangkauan jangkauan target lebih dari 15.000 m.

Sumber Referensi:

  1. https://militaryleak.com/2020/11/21/german-parliament-approves-e2-3-billion-procurement-of-nh90-sea-tiger-asw-helicopters/
  2. https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/2020/november/9297-parliament-of-germany-approves-budget-to-acquire-31-sea-tiger-naval-helicopters-for-their-frigates.html
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/NHIndustries_NH90
  4. https://www.youtube.com/watch?v=rGAu12Dai5E
  5. https://www.pinterest.at/pin/341218109242672402/
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *