TNI Kerahkan Pesawat CN-235 MPA Mendukung Operasi Garda Sakti-21

TNI Kerahkan Pesawat CN-235 MPA Mendukung Operasi Operasi Garda Sakti-21

Dalam rangka mendukung operasi Garda Sakti-21, TNI khususnya TNI Angkatan Laut telah mengerahkan satu unit pesawat tercanggihnya di Langit “Bumi Cendrawasih”. Mengutip dari laman berita viva.co.id, Selasa (09/03/2021), menginformasikan bahwa pesawat yang dikerahkan tersebut merupakan pesawat buatan dalam negeri yakni pesawat CN-235 MPA dengan nomor registrasi P-8304. Pesawat yang berada dibawah kendali Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) tersebut terbang dari Lapangan Terbang Djuanda menuju Sorong, Papua Barat.

Pesawat patroli maritim yang berasal dari Skuadron 400 Wing Udara 2 tersebut dikerahkan ke papua dalam rangka mendukung pelaksanaan Operasi Garda Sakti-21 di bawah kendali Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Komando Armada (Koarmada) III. Pesawat yang diterbangkan oleh pilot Kapten Laut (P) M Novito dan copilot Letnan Dua Laut (P) Dani Asgar bertugas untuk menjaga kedaulatan dan keamanan perairan perbatasan laut dan udara di Papua.

Pesawat CN 235 MPA
Pesawat CN-235 MPA diserah terimakan ke TNI AL oleh PT DI.
Kredit: twitter/@officialptdi

Pesawat CN235-220 NG MPA (Maritime Patrol Aircraft) merupakan pesawat angkut militer yang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia dari basis pesawat CN235-220 NG yang secara khusus difungsikan sebagai pesawat patroli maritim. Pesawat ini dilengkapi dengan berbagai perangkat elektronik canggih seperti, perangkat Forward Looking Infra Red (FLIR) Star Safire 380HD yang ditempatkan secara menggantung di bawah hidungnya. Untuk mendeteksi target/obyek pesawat ini juga telah dilengkapi dengan radar intai AN/APS-143C(V)3 OceanEye buatan Raytheon, Amerika Serikat. Radar yang ditanam dalam perut pesawat ini memiliki kemampuan mendeteksi objek di atas permukaan laut yang bergerak cepat sekalipun hingga jarak 200 mil laut.

Selain itu, pesawat ini juga telah dilengkapi dengan perangkat Identification Friend or Foe (IFF) yang berfungsi untuk mengidentifikasi obyek/sasaran sebagai teman atau musuh. Seluruh hasil pengintaian yang diperoleh pesawat ini dapat langsung dishare ke kapal-kapal perang atau pangkalan melalui sistem Data Link yang telah diinstal di dalam pesawat tersebut. Berbicara spesifikasi pesawat CN-235 MPA ini mampu mencapai kecepatan maksimum 509 km/j serta jangkauan dari pesawat ini mencapai 769 km/jam (496 mil).

Kunjungi Juga:  On Fire! Amunisi Artileri Cerdas Katana 155 mm Sukses Diuji Coba
Video promosi pesawat CN-235 MPA.
Kredit: youtube/Official PT DI

Adapun spesifikasi dari pesawat CN-235 MPA yaitu sebagai berikut:

  • Kru : 2 pilot
  • Kapasitas : 45 penumpang
  • Panjang : 21,40 m
  • Tinggi : 8,18 m
  • Bentang sayap : 25.81 m
  • Area Sayap : 59,1 m2
  • Berat Kosong : 9,800 kg
  • Berat Isi : 15,500 kg
  • Maksimum Takeoff : 15,100 kg
  • Tenaga Penggerak : 2x General Electric CT79C Turboprops dengan daya dorong 1,395 kW
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *