Navantia Meluncurkan Korvet Avante 2200 Yang Kedua Untuk Angkatan Laut Arab Saudi

Peluncuran Korvet Avante 2200 Yang Kedua

Galangan kapal Spanyol Navantia meluncurkan korvet Avante 2200 yang kedua dari lima korvet yang telah dipesan untuk RSNF (Royal Saudi Naval Forces atau Angkatan Laut Kerajaan Arab Saudi), dikutip dari akun twitter resmi Navantia, Sabtu (14/11/2020). Acara peluncuran dilakukan bersamaan di Markas Besar Angkatan Laut Saudi dan galangan kapal Navantia, di San Fernando, Cadiz, Spanyol. Korvet tersebut secara resmi bernama Kapal Al-Dariyah dan merupakan kapal kedua dari lima kapal yang telah direncanakan dalam proyek Sarawat.

Pada 12 Juli 2018, pemerintah Kerajaan Arab Saudi menandatangani kontrak dengan perusahaan pertahanan Spanyol Navantia untuk pembangunan lima korvet senilai € 1,8 miliar, dilansir dari laman navyrecognition.com, Minggu (15/11/2020). Kesepakatan tersebut adalah kontrak terbesar dalam sejarah galangan kapal swasta Spanyol dengan pelanggan asing. Kontrak yang telah dinegosiasikan oleh kerajaan Arab Saudi mulai tahun 2015, akan membutuhkan tenaga kerja global sekitar 7 juta jam untuk galangan kapal di Teluk Cadiz, Muara Ferrol dan Cartagena, serta untuk industri pendukungnya.

Korvet kelas Al Jubail didasarkan pada desain AVANTE 2200, yang disesuaikan dengan kebutuhan Angkatan Laut Kerajaan Arab Saudi, yang dimana menawarkan kemampuan dan kapabilitas yang canggih, kemampuan manuver luar biasa di laut, kapasitas bertahan hidup yang tinggi, dan kapasitas untuk mampu beroperasi pada suhu ekstrem seperti wilayah Teluk, keseluruhan ini dengan biaya siklus hidup yang ideal, mengutip dari laman navalnews.com, Senin (16/11/2020).

Korvet tersebut memiliki panjang 104 meter, lebar 14 meter dan akan mampu menampung 102 orang (awak dan personel tambahan). Korvet ini mampu mencapai kecepatan maksimum 27 knot dan, di antara aspek lainnya, memiliki kapasitas untuk membawa persediaan selama 21 hari selama melaksanakan misi.

Navantia Meluncurkan Korvet Avante 2200 Yang Kedua Untuk Angkatan Laut Arab Saudi
Upacara Peluncuran Korvet Avante 2200 angkatan Laut Arab Saudi.
Kredit: twitter/@NavantiaOfficial

Korvet ini adalah generasi terbaru dari kapal kombatan rancangan Navantia yang sukses, dan menggabungkan produk-produk Navantia yang canggih, seperti Sistem Tempur CATIZ, Sistem gun fire control DORNA, Sistem Komunikasi Eksternal dan Internal Terintegrasi NAVCOMS / HERMESYS, Sistem Navigasi dan bridge terintegrasi MINERVA, atau Platform Manajemen Platform Terintegrasi COMPLEX-SIMPLEX bersama dengan peralatan yang diproduksi oleh Navantia di bawah lisensi seperti meriam utama Leonardo SUPER RAPID 76mm, sistem senjata jarak dekat Rheinmetall Air Defense MILLENNIUM 35mm, mesin propulsi MTU dan generator diesel, dan gearbox RENK.

Kunjungi Juga:  Akhirnya! Sistem Pertahanan Udara NASAMS 2 Tiba Ditanah Air
Navantia Meluncurkan Korvet Avante 2200 Yang Kedua Untuk Angkatan Laut Arab Saudi 2
Upacara Peluncuran Korvet Avante 2200 angkatan Laut Arab Saudi.
Kredit: twitter/@NavantiaOfficial

Sebelumnya, Korvet yang pertama Al Jubail diluncurkan pada 22 Juli  di galangan kapal yang sama. Kelima kapal merupakan program Al Sarawat yang dimana kapal terakhir direncanakan dikirim pada tahun 2024. Selain itu, kontrak tersebut mencakup dukungan siklus hidup selama lima tahun dan penyediaan berbagai layanan seperti dukungan logistik terintegrasi, pelatihan operasional dan pemeliharaan, penyediaan pusat pelatihan dan pelatihan untuk sistem tempur dan sistem kontrol platform untuk kapal, dukungan untuk siklus hidup, sebelumnya, dan sistem untuk pemeliharaan kapal di RNSF Jeddah Naval Base.

Sumber Referensi:

  1. https://twitter.com/NavantiaOficial/status/1327630194119761920
  2. https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/2020/november/9273-saudi-navy-officially-launches-its-new-corvette-avanti-2200-al-dariyah-built-by-navantia.html
  3. https://www.navalnews.com/naval-news/2020/11/second-avante-2200-corvette-for-royal-saudi-navy-launched-by-navantia/
  4. https://defbrief.com/2020/11/14/spains-navantia-launches-second-royal-saudi-navy-avante-corvette/

pinit fg en rect red 28

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *