General Atomics MQ-9B SeaGuardian Memulai Penerbangan Validasi Di Jepang

UAV SeaGuardian

General Atomics Aeronautical Systems, Inc. (GA-ASI) akan bermitra dengan Asia Air Survey (AAS) untuk mengadakan serangkaian penerbangan validasi pada MQ-9B SeaGuardian untuk Japan Coast Guard atau Penjaga Pantai Jepang (JCG) yang akan dilaksanakan di Hachinohe, Prefektur Aomori, Jepang pada tanggal 15 Oktober 2020, dikutip dari siaran pers resmi ga-asi.com, Senin (19/10/2020).

Tujuan penerbangan tersebut adalah untuk memvalidasi kemampuan pengawasan maritim pada area luas untuk menjalankan misi dari Japan Coast Guard (JCG), termasuk pencarian dan penyelamatan, tanggap bencana, dan penegakan hukum maritim. Penerbangan tersebut diperkirakan akan berlangsung selama sekitar dua bulan dan akan mencakup dukungan dari Japan Marine Self Defense Force atau Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) di pangkalan Hachinohe di Prefektur Aomori.  Penerbangan ini mengikuti demonstrasi patroli maritim MQ-9B SeaGuardian yang sukses di Selat Korea pada tahun 2018 dan Laut Aegea pada tahun 2019. MQ-9B diklaim mampu melakukan operasi segala cuaca di wilayah udara sipil nasional dan internasional.

General Atomic MQ-9B SeaGuardian
General Atomic MQ-9B SeaGuardian. Kredit: ga-asi.com

Menurut Japan Coast Guard (JCG), validasi penerbangan akan dilaksanakan sesuai dengan “Kebijakan Penguatan Sistem Keamanan Maritim,” menggunakan Kendaraan Udara Tak Berawak untuk melaksanakan pengawasan wilayah  maritim yang luas menggunakan teknologi baru.

“Kami menghargai dukungan Asia Air Survey (AAS) dalam mendemonstrasikan bagaimana MQ-9B SeaGuardian ® RPAS dapat memberikan pengawasan udara yang terjangkau dan tahan lama di domain maritim Jepang,” kata Linden Blue, CEO, GA-ASI. “Kemampuan sistem untuk menghubungkan beberapa sensor dan mengidentifikasi anomali kapal memberikan kesadaran situasional maritim yang efektif dan persisten.”

MQ-9B SeaGuardian
MQ-9B SeaGuardian. Kredit: ga-asi.com

MQ-9B SeaGuardian RPAS memiliki fitur radar pencarian permukaan maritim multi-mode dengan mode pencitraan Inverse Synthetic Aperture Radar (ISAR), penerima Automatic Identification System (AIS), sensor High Definition Full Motion Video yang dilengkapi dengan kamera optik dan inframerah. Rangkaian sensor ini, ditambah dengan korelasi lintasan otomatis dan algoritme deteksi anomali, memungkinkan deteksi dan identifikasi  secara real time dari kapal permukaan pada ribuan mil laut persegi.

MQ-9B SeaGuardian telah merevolusi pasar RPAS dengan kemampuan endurance yang mumpuni dengan menyediakan kemampuan dan dirancang serta diproduksi sesuai dengan STANAG-4671 (standar kelaikan udara NATO untuk UAV). Fitur-fitur ini, bersama dengan radar penghindaran tabrakan yang telah terbukti secara operasional, memungkinkan operasi yang fleksibel di wilayah udara sipil.

Sumber Referensi:

  1. https://www.ga-asi.com/ga-asi-kicks-off-seaguardian-validation-flights-in-japan
  2. https://www.navalnews.com/naval-news/2020/10/general-atomics-starts-seaguardian-rpas-validation-flights-in-japan/
Share this article
Kunjungi Juga:  Saab Menandatangani Kontrak Untuk Program MMCM Perancis - Inggris
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *