Menkav 1 Marinir Dukung Uji Fungsi Embarkasi Dan Debarkasi KRI Teluk Youtefa-522

Menkav 1 Marinir Dukung Uji Fungsi Embarkasi Dan Debarkasi KRI Teluk Youtefa-522

Resimen Kavaleri 1 Marinir (Menkav 1 Mar) memberikan dukungan 10 kendaraan tempur Tank Amfibi BMP 3F dalam kegiatan uji fungsi Embarkasi dan Debarkasi KRI Teluk Youtefa-522 yang dilaksanakan di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara dan Perairan Pulau Bokor Kepulauan Seribu, dikutip dari tni.mil.id, Kamis (17/12/2020).

KRI Teluk Youtefa-522 adalah kapal perang baru yang berjenis Landing Ship Tank (LST). Kapal perang ini adalah kapal ke lima dari kelas Teluk Bintuni yang diproduksi oleh PT. Daya Radar Utama (DRU) selama kurun waktu 16 bulan yang dirancang untuk mengangkut MBT (Main Battle Tank) jenis Leopard milik TNI Angkatan Darat dan Tank BMP 3F milik Marinir TNI Angkatan Laut. Selain itu, kapal ini telah dilengkapi dengan fasilitas helipad dan hanggar sehingga mampu mengakomodasikan helikopter sebanyak 2 unit.

Menkav 1 Marinir Dukung Uji Fungsi Embarkasi Dan Debarkasi KRI Teluk Youtefa 522
Menkav 1 Marinir Dukung Uji Fungsi Embarkasi Dan Debarkasi KRI Teluk Youtefa-522. Kredit: tni.mi.id

Tidak sampai disana, KRI Teluk Youtefa-552 juga memiliki fasilitas turntable (meja putar) dengan kapasitas hingga 90 ton. Besarnya kapasitas turntable ini karena seperti dijelaskan diatas untuk mengakomodasikan MBT Leopard dengan berat mencapai 60 ton, yang hebatnya turntable ini juga telah diproduksi secara mandiri oleh BUMN PT Pindad. Secara keseluruhan kapal ini memiliki panjang 120 meter, lebar 18 meter, dan tinggi 11 meter. Kecepatannya mencapai 16 knot berkat adopsi dua mesin dengan daya 2 x 3.285 kw.

Kegiatan uji fungsi Angkut Tank ke-5 tersebut bertujuan agar mengetahui sejauh mana kemampuan KRI Teluk Youtefa-522 dalam mengangkut kendaraan tempur jenis Tank sehingga selalu siap untuk diterjunkan di daerah operasi maupun latihan, terlebih ini adalah jenis kapal perang baru. Lebih lanjut bagi Menkav 1 Marinir, kegiatan uji fungsi ini juga berguna sebagai ajang latihan untuk mengasah kemampuan dan keprofesionalmean sebagai prajurit pengawak kendaraan tempur lapis baja yang mempunyai tugas pokok sebagai pasukan pendarat.

Menkav 1 Marinir Dukung Uji Fungsi Embarkasi Dan Debarkasi KRI Teluk Youtefa 522
Menkav 1 Marinir Dukung Uji Fungsi Embarkasi Dan Debarkasi KRI Teluk Youtefa-522. Kredit: tni.mil.id

Kegiatan uji fungsi ini juga ditinjau langsung oleh Pangkolinlamil Laksda TNI Irwansyah, KS Kolinlamil Laksma TNI Dwika Cahya Purnama, perwakilan dari PT. DRU, Aslog Danpasmar 1 Kolonel Marinir Ali Sumbogo, Danmenkav 1 Mar Kolonel Marinir Achmad Sochfan, perwakilan dari tim surveyor Dislaikmatal, serta para Perwira TNI AL yang terkait.

Kunjungi Juga:  Airbus Mengembangkan Pesawat Latih Baru

Sumber Referensi:

  1. https://tni.mil.id/view-191645-menkav-1-marinir-dukung-uji-fungsi-embarkasi-dan-debarkasi-kri-teluk-youtefa-522.html
  2. http://www.okebung.com/kri-teluk-bintuni-520-dan-kri-banjarmasin-592-uji-coba-embarkasi-debarkasi-3-ranpur-yonkav-8-kostrad/
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *