Satuan Kapal Ranjau Malaksanakan Manuver Lapangan Dalam Latihan Glagaspur TK III / L-3

latihan Glagaspur TK III/L-3

Dalam latihan Glagaspur TK III/L-3 Tahun 2020 yang digelar oleh Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II, bertujuan untuk meningkatkan  kemampuan dan profesionalisme prajurit telah memasuki Tahap Manuver Lapangan (Manlap) di Perairan Situbondo, dikutip dari akun twitter resmi KOARMADA 2, Senin (30/11/2020). Pelaksanaan Manuver Lapangan atau Manlap Glagaspur TK III/L-3  adalah puncak dari serangkaian kegiatan sebelumnya, yakni tahap pembekalan klasikal, drill peralatan sampai dengan pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG).

Tweet dari KOARMADA 2 terkait latihan Glagaspur tingkat III/L-3 tahun 2020.
Kredit: twitter/KOARMADA2

Sedangkan dalam pelaksanaan Manlap dilaksanakan beberapa latihan, diantaranya Mine Field Transit (MFT), Penyebaran Ranjau, Pemburuan dan penyapuan Ranjau, Penggelaran Peralatan Portable, serta netralisasi ranjau menggunakan MDC PAP dan metode Conning Run, dilansir dari website resmi koarmada2.tnial.mil.id, Selasa (01/12/2020). Adapun dalam Latihan Glagaspur TK III / L-3 tahun ini, Satran koarmada II melibatkan tiga unsur kapal perangnya yakni KRI Pulau Rengat-711, KRI Pulau Rupat-712 dan KRI Pulau Rimau-724 dan unsur pendukung dari Satkopaska, Dislambair, Diskes dan Arsenal.

Sementara itu menurut Palaklat Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan, Latihan Glagaspur TK III/L-3 bernilai penting bagi Satran. Sebab  Peperangan Ranjau yang menjadi  tanggung jawab utama satuannya, merupakan salah satu doktrin peperangan yang sangat penting dalam menunjang kekuatan tempur TNI AL. Beliau juga menambahkan jika latihan ini juga memberikan pengetahuan baru kepada prajurit untuk menjajal kemampuan  dalam hal setting ranjau, penggelaran peralatan portable bawah air guna menunjang kegiatan survey ops dan operasional ROV (Remotely Operated Vehicle).

Latihan Glagaspur TK III L 3
Latihan Glagaspur TK III/L-3 Tahun 2020.
Kredit: twitter/KOARMADA2

Disisi lain Letkol Fery menegaskan, bahwa kegiatan ini selaras dengan arahan dari Pangkoarmada II Laksda I N.G. Sudihartawan terkait pembinaan kekuatan, sekaligus wujud implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

Kunjungi Juga:  Konferensi Pers Oleh TNI AL Terkait Penemuan Sea Glider

Seperti kita ketahui bersama, Peperangan laut merupakan salah satu kemampuan peperangan yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut untuk mendapatkan keunggulan di aspek laut. Sehingga latihan rutin secara terus menerus dalam suatu Integrasi dan sinergis sangat di perlukan.

Profil dari KOARMADA II TNI Angkatan Laut.
Kredit: youtube/KOARMADA2

Penulis berharap dengan digelarnya latihan Glagaspur TK III/L-3 Tahun 2020 yang digelar oleh Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II dapat meningkatkan dan mempertahankan keterampilan dan kesiap-siagaan baik perorangan maupun kelompok sehingga mampu mengemban tugas dan tanggung jawab untuk melindungi kedaulatan perairan/lautan Indonesia dari berbagai ancaman di masa depan.

Sumber Referensi:

  1. https://twitter.com/Koarmada2SBY/status/1333213895486390273
  2. https://koarmada2.tnial.mil.id/2020/12/01/satran-koarmada-ii-laksanakan-manuver-lapangan-latihan-glagaspur-tk-iii-l-3/
  3. https://www.youtube.com/watch?v=MDRpolp6bIw
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *