Bravo! KSAU Meresmikan Satrudal 111 Teluk Naga

KSAU Meresmikan Satrudal 111 Teluk Naga

Dipenghujung bulan November di tahun yang penuh dengan gejolak dan ketidak pastian yang diakibatkan oleh pandemi global Covid-19, muncul selentingan kabar gembira bagi kita para pemerhati dunia militer khususnya dengan diresmikannya sistem pertahanan udara NASAMS 2 yang menjaga kedaulatan ruang udara negara kita Indonesia. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., hari ini meresmikan benteng pertahanan udara baru, yaitu Satuan Rudal (Satrudal) 111 di kawasan Teluknaga, Tangerang, Banten, dikutip dari akun twitter resmi TNI Angkatan Udara, Kamis (26/11/2020).

Dalam kesempatan itu KSAU juga menegaskan bahwa konstelasi geografis Indonesia berdampak pada lingkungan strategis baik nasional maupun regional menjadi lebih cepat dan unpredictable. Oleh karena itu TNI AU harus meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga kedaulatan NKRI, salah satunya melalui pengembangan unsur satuan peluru kendali pertahanan udara guna, mengeliminasi ancaman diudara yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Upacara peresmian Satrudal 111 di Teluk Naga, Tangerang, Banten.
Kredit:twitter/@TNI AU

“Satuan peluru kendali pertahanan udara 111 dibangun sebagai pertahanan udara terhadap potensi serangan musuh khususnya di wilayah Ibukota Jakarta dan sekitarnya. Saya minta seluruh pihak yang terkait untuk beradaptasi dan menguasai keahlian yang dibutuhkan guna mengoperasikan Alutsista ini, ujar Kasau sesaat setelah meresmikan Satuan Rudal (Satrudal) 111″.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P.,

Beliau juga menambahkan dengan kehadiran satuan pertahanan baru Satrudal 111 merupakan momentum kebangkitan sistem Pertahanan Udara Nasional seperti era 1960an. Ketika itu, lanjutnya, AURI (TNI AU) merupakan kekuatan yang cukup disegani di kawasan, dilansir dari laman viva.co.id, Kamis (26/11/2020). Perlu kita ketahui bersama bahawasannya Satrudal 111 merupakan satuan pertahanan rudal udara yang secara khusus dibentuk untuk melindungi Ibukota DKI Jakarta dari berbagai ancaman atau serangan musuh.

KSAU Meresmikan Satrudal 111 Teluk Naga Tangerang Banten
KSAU meresmikan Satrudal 111 Teluk Naga.
Kredit: twitter/@TNI AU

Bersamaan dengan diresmikannya Satrudal 111, dilantik pula Letkol Lek Eko Patra Teguh W, S.T., M. I.Pol, sebagai Komandan yang akan memimpin satuan tersebut. Usai peresmian, Kasau didampingi Pangkohanudnas Marsda TNI Khairil Lubis, menandatangani prasasti, serta melaksanakan peninjauan fasilitas perkantoran Satrudal 111. Hadir pada acara tersebut Duta besar Norwegia, para Asisten Kasau, Pangkohanudnas, Pangkoopsau 1, Pangkosekhanudnas 1, Kadiskonau, dan pejabat dilingkungan Kementrian Pertahanan.

Kunjungi Juga:  Terciduk! F-35 Israel Tertangkap Basah Beroperasi di Lebanon

Dengan diresmikannya Satrudal 111 yang bertempat di kawasan Teluk Naga, Tangerang, Banten. Secara tidak langsung mengkonfirmasi kebenaran atau validasi kedatangan sistem pertahanan udara  Norwegian Advanced Surface to Air Missile System 2 (NASAMS 2) ke tanah air. Sebelumnya, penulis telah menginformasikan terkait rumor dan foto-foto kedatangan sistem pertahanan NASAMS 2 yang beredar secara terbatas di kalangan para militer enthusiast di negeri ini. Walaupun memang tidak ada rilis resmi dari pihak Kementerian Pertahanan maupun TNI terkait berita tersebut, namun semuanya menjadi jelas dengan dirilisnya berita diatas.

Sistem pertahanan udara NASAMS 2.
Kredit: youtube/world military in action

Dengan kedatangan sistem pertahanan udara NASAMS 2 dan diresmikannya Satrudal 111, penulis berharap sistem pertahanan udara Indonesia khususnya dapat semakin kuat dalam menghadapi segala ancaman terhadap kedaulatan ruang udara negara kita tercinta ini. Tentu saja ini baru langkah awal dalam membentuk dan membangun sistem pertahanan udara yang terintegrasi dalam satu sistem jaringan (networking) bersama sesuai dengan standar sistem pertahanan udara yang modern. Penulis berharap agar kedepannya semakin banyak akuisisi alutsista khususnya sistem pertahanan udara NASAMS 2 beserta amunisinya untuk semakin memperkuat sistem pertahanan udara kita demi kedepannya membentuk dan menerapkan zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ).

Sumber Referensi:

  1. https://twitter.com/_TNIAU/status/1332097390707314689
  2. https://www.viva.co.id/militer/militer-indonesia/1326181-ksau-resmikan-benteng-pertahanan-udara-baru-satrudal-111-di-teluknaga
  3. https://www.youtube.com/watch?v=i98yL6oRkRE
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *