Korvet MILGEM Pakistan Akan Menggunakan Mesin Turbin Gas GE LM2500

Korvet MILGEM Pakistan Akan Menggunakan Mesin Turbin Gas GE LM2500

General Electric Marine telah menandatangani kontrak dengan pembuat kapal Turki STM (Savunma Teknolojileri Mühendislik Ve Ticaret A.Ş.) untuk menyediakan mesin turbin gas GE LM2500 yang akan digunakan untuk menggerakkan korvet MILGEM Pakistan yang baru, dilansir dari laman defenseworld.net, Selasa (06/10/2020). Galangan kapal STM merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang integrator sistem propulsi utama untuk korvet MILGEM yang telah di pesan oleh Angkatan Laut Pakistan. 

Sebelumnya pada bulan Juli 2018, Angkatan Laut Pakistan menganugerahin kontrak untuk empat korvet MILGEM kepada ASFAT (Askeri Fabrika ve Tersane İşletme A.Ş.), yang dimana dua di antaranya akan dibangun di Turki dan dua lainnya akan dibangun secara mandiri di Pakistan, dikutip dari defpost.com, Selasa (06/10/2020). Tonggak sejarah baru untuk program MILGEM Angkatan Laut Pakistan termasuk peletakan lunas kapal pertama di Istanbul, Turki, dan upacara pemotongan baja untuk korvet kedua di Karachi, Pakistan.

Mesin Turbin Gas GE LM2500
Mesin turbin gas GE LM2500. Kredit: General Elecric

“Kami dengan senang hati menyediakan Angkatan Laut Pakistan mesin turbin gas LM2500 kami yang telah terbukti untuk menggerakkan korvet MILGEM baru ini,” kata Kris Shepherd, Wakil Presiden, Operasi Kelautan, GE Marine, Evendale, Ohio. “Mesin turbin gas LM2500 kami telah mencatatkan jam operasi dengan andal di atas empat korvet MILGEM Angkatan Laut Turki sejak ditugaskan pada tahun 2011,” tambahnya.

Sistem propulsi untuk seluruh Korvet MILGEM terdiri dari satu turbin gas LM2500 di tambah dengan dua mesin diesel (Combined Diesel And Gas/CODAG) dengan total tenaga penggerak mencapai 31.600 kilowatt. Selain itu, 24 unit mesin turbin gas GE LM2500 telah beroperasi di atas fregat kelas Barbaros dan Gabya Angkatan Laut Turki. Di seluruh dunia, terdapat lebih dari 1.200 unit mesin turbin gas GE LM2500 yang telah menyediakan tenaga yang andal untuk 39 angkatan laut internasional dan juga digunakan dalam berbagai aplikasi industri yang tak terhitung jumlahnya. Mesin turbin gas GE LM2500 untuk proyek Korvet MILGEM Angkatan Laut Pakistan akan diproduksi di fasilitas General Electric di Evendale, Ohio, Amerika Serikat.

Korvet MILGEM Pakistan
Korvet MILGEM Angkatan Laut Turki. Kredit: pinterest.com

Menyadur dari en.wikipedia.org, Rabu (07/10/2020), proyek MILGEM merupakan program ambisius untuk dapat merancang dan memproduksi kapal perang nasional untuk Angkatan Laut Turki. Adapun tujuan proyek ini yaitu untuk mengembangkan korvet serbaguna dan fregat yang dapat digunakan dalam berbagai misi, termasuk pengintaian , pengawasan , peringatan dini , peperangan anti-kapal selam , peperangan permukaan-ke-permukaan dan peperangan permukaan-ke-udara, serta operasi amfibi .

Kunjungi Juga:  Saab Mengirimkan Pesawat GlobalEye Yang Kedua Untuk Uni Emirat Arab

Sumber Referensi:

  1. https://www.defenseworld.net/news/28016/GE_Engines_to_Power_Pakistan_s_Turkish_built_MILGEM_Corvettes#.X31T3Wj7TIU
  2. https://defpost.com/ge-to-provide-lm2500-gas-turbines-for-pakistan-navys-new-milgem-corvettes/
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/MILGEM_project
  4. https://www.pinterest.at/pin/111604897005027224/

pinit fg en rect red 28

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *