Korea Utara Meluncurkan Rudal Balistik Antar Benua Baru

Korea Utara mempublikasikan rudal balistik baru

Pada awal bulan Oktober tahun 2020, Korea Utara melaksanakan parade militer masif yang dipublikasikan secara terbuka, yang berlangsung pada malam hari di atas Alun-alun Kim Il Sung yang telah direnovasi, parade tersebut untuk merayakan ulang tahun ke-75 dari Partai Buruh Korea yang berkuasa di negara tersebut, dilansir dari laman berita thedrive.com, Sabtu, (10/10/2020). Dalam parade tersebut Korea Utara meluncurkan rudal balistik antar benua (Intercontinental Ballistic Missile/ICBM) yang baru beserta berbagai persenjataan lainnya.

Mangutip dari defence-blog.com, Sabtu (10/10/2020), pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berpidato dihadapan seluruh tentara serta pendukungnya di Lapangan Kim II Sung di Pyongyang dalam parade militer masif, “Saya berharap kesehatan yang baik untuk semua orang di seluruh dunia yang sedang berjuang melawan penyakit virus Covid-19,” katanya yang disiarkan oleh televisi pemerintah. Dia juga menambahkan bahwa “tidak ada satu orang pun” di Korea Utara yang tertular virus COVID-19 sejak merebaknya pandemi global awal tahun ini.

Rudal Balistik Baru Korea Utara
Korea Utara Meluncurkan Rudal Balistik Antar Benua Baru. Kredit: youtube.com

Peluncuran rudal balistik antar benua yang baru oleh Korea Utara, nampaknya akan menjadi literasi ketiga dari konsep ICBM (Intercontinental Ballistic Missile) untuk Korea Utara, setelah sebelumnya negara tersebut meluncurkan dan menguji coba rudal balistik antar benua yang telah dikembangkan dan diproduksi secara pribumi yaitu, Hwasong HS-14 dan HS-15 pada tahun 2017. Rudal baru ini tampaknya merupakan hasil pengembangan yang signifikan dari Hwasong HS-15, yang diklaim oleh Korea Utara mampu menjangkau hampir semua tempat di daratan Amerika Serikat. Meskipun, kemampuannya untuk “mengirimkan” hulu ledaknya tetap menjadi sebuah misteri, seperti halnya Hwasong HS- 14 dan rudal balistik jarak jauh lainnya di gudang senjata Pyongyang yang memiliki kapabilitas untuk mengirimkan hulu ledak nuklir. 

Rudal Balistik Korea utara
Rudal Balistik Baru Korea Utara. Kredit: youtube.com

Kemunculan rudal balistik antar benua yang baru oleh Korea Utara, konsisten seperti yang telah diverifikasi beberapa kali oleh intelijen Amerika Serikat, dikutip dari militarywatchmagazine.com, Sabtu (10/10/2020). Rudal baru tersebut diprediksi dapat memberikan fitur baru termasuk waktu peluncuran yang jauh lebih singkat, kemampuan untuk disimpan dengan bahan bakar penuh, dan kemungkinan besar kemampuan untuk membawa dan menyebarkan banyak hulu ledak sekaligus. Rudal balistik antar benua dengan kemampuan Multiple independently targetable reentry vehicle (MIRV) akan membuat serangan rudal Korea jauh lebih sulit untuk dicegat oleh sistem pertahanan strategis Amerika seperti GMD, dan kemungkinan akan jauh lebih hemat biaya yang memungkinkan satu rudal balistik untuk memberikan kerusakan sebanyak beberapa rudal hulu ledak tunggal.

Kunjungi Juga:  Navantia Meluncurkan Korvet Avante 2200 Yang Kedua Untuk Angkatan Laut Arab Saudi
Parade Militer Korea Utara. Kredit: youtube.com

Multiple independently targetable reentry vehicle (MIRV) adalah payload atau muatan peluru kendali balistik yang berisi beberapa hulu ledak, yang dimana masing-masing dari hulu ledak tersebut memiliki kemampuan untuk untuk menarget/membidik dan mengenai satu atau kelompok target yang telah ditentukan, disadur dari id.wikipedia.org, Senin (12/10/2020). Adapun beberapa negara yang telah mengembangkan rudal balistik dengan kemampuan MIRV yaitu, Amerika Serikat (1970), Rusia (1975), Inggris (1979), Perancis (1985), Iran (2006), China (2007), Israel (2008) dan India (2014).

Sumber Referensi:

  1. https://www.thedrive.com/the-war-zone/36999/kim-jong-un-just-showed-the-world-the-war-machine-he-built-while-feinting-diplomacy
  2. https://defence-blog.com/news/army/north-korea-unveils-new-mobile-intercontinental-ballistic-missile-system.html
  3. https://militarywatchmagazine.com/article/hitting-america-faster-and-more-reliably-north-korea-unveils-new-nuclear-capable-intercontinental-range-missile
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Multiple_independently_targetable_reentry_vehicle
  5. https://www.youtube.com/watch?v=Wpmv8uxOuZw

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *