Korea Selatan Menyumbangkan 2 Kapal Patroli Yang Telah Dipensiunkan Kepada Ekuador

Korea Selatan Menyumbangkan 2 Kapal Patroli

Korea Selatan menyumbangkan 2 kapal patroli kelas Haeuri yang telah dipensiunkan dalam layanan kepada Ekuador, dikutip dari akun facebook resmi ROKAF (Republic of Korean Air Force), Jumat (13/11/2020). Sebuah kapal pengangkut yang memuat dua kapal patroli Penjaga Pantai Korea 302 dan 303 berangkat dari Pelabuhan Masan minggu lalu dan diharapkan akan tiba di Pelabuhan Guayaquil, Ekuador pada awal Desember 2020.

Badan Polisi Maritim (Direktur Kim Hong-hee) mengumumkan pada tanggal 13 November 2020 bahwa dua kapal pensiunan 300 ton dari Republic of Korea Maritime Police atau Polisi Maritim Republik Korea, yang diserahkan secara gratis untuk menjaga perairan di kepulauan Galapagos akan berangkat ke Ekuador, disadur dari website resmi Kementerian Dalam Negeri Korea Selatan, Jumat (13/11/2020). Keputusan ini sebagai tindak lanjut kerja sama keselamatan maritim yang ditandatangani dengan Ekuador pada bulan Mei tahun lalu, Badan Kepolisian Maritim memutuskan untuk mentransfer dua kapal pensiunan 300 ton ke Penjaga Pantai Ekuador. Keseluruhan biaya transportasi ditanggung oleh Ekuador.

Korea Selatan Menyumbangkan 2 Kapal Patroli yang telah dipensiunkan
Korea Selatan menyumbangkan 2 kapal patroli kepada Ekuador. Kredit: facebook/ROKAF

Awalnya, pada bulan Mei tahun lalu Kepala Staf Angkatan Laut Ekuador berencana menandatangani perjanjian untuk mengunjungi Korea dan mengambil alih kapal namun rencana tersebut dibatalkan karena merebaknya pandemi Covid-19 dinegara tersebut.

“Saya dengan tulus berterima kasih atas persahabatan yang telah membantu melindungi sumber daya hayati laut di Kepulauan Galapagos sebagai kapal pensiunan oleh Polisi Maritim Korea.”

Kepala Staf Angkatan Laut Ekuador

Sementara itu, mitranya dari Korea Selatan menyatakan:

“Saya berharap Ekuador, yang mengalami masa sulit akibat penyebaran Corona 19, akan menjadi hadiah yang baik dan membantu melindungi Situs Warisan Dunia Galapagos dan saya juga berharap kerja sama keselamatan maritim antara keduanya semakin diperkuat. ”

Komisaris Polisi Maritim Korea Selatan Kim Hong-hee
Kapal Patroli Maritim Korea Selatan
Kapal patroli maritim Korea Selatan ketika masih aktif. Kredit: facebook/ROKAF

Kedua kapal patroli ini masing-masing dibangun pada tahun 1990 dan 1991, dan selama pelayanan mereka dengan KCG (Korean Coast Guard), kapal tersebut berhasil menorehkan catatan 357 dan 215 penyitaan kapal penangkap ikan ilegal serta 203 dan 179 operasi penyelamatan yang berhasil, melansir dari laman navyrecognition.com, Senin (16/11/2020).

Kunjungi Juga:  Mesir Memesan 2 Fregat FREMM Italia Seharga 1,2 Miliar Euro

Kedua kapal tersebut sekarang akan melayani Penjaga Pantai Ekuador untuk berpatroli di perairan Pulau Galapagos yang sedang berjuang melawan armada penangkap ikan ilegal China. Ekuador saat ini hanya memiliki satu kapal yang tersedia untuk peran ini. Kedua kapal tersebut dinonaktifkan masing-masing pada bulan Oktober 2019 dan Januari 2020. Kedua kapal patroli tersebut mengakhiri layanan mereka dengan komando KCG Jeju.

Kapal Patroli Maritime Korea Selatan
Kapal patroli maritim Korea Selatan. Kredit: facebook/ROKAF

Ekuador adalah negara yang menyediakan beras dan suplai bahan makanan lainnya ke Republik Korea Selatan selama Perang Korea, dan pemberian hibah gratis tahun ini yang sekaligus juga merayakan ulang tahun ke-70 Perang Korea memiliki makna yang lebih khusus.

Sumber Referensi:

  1. https://web.facebook.com/ROKArmedForces/?tn=-UC*F
  2. https://www.gov.kr/portal/ntnadmNews/2344322
  3. https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/2020/november/9278-south-korea-donates-two-retired-coast-guard-haeuri-class-patrol-vessels-to-ecuador.html

pinit fg en rect red 28

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *