Breaking News! Pejabat Korea Selatan Menagih Biaya Tunggakan Proyek KFX/IFX

Pesawat tempur IFX

Pejabat Korea Selatan dilaporkan pada hari Selasa (22/09/2020) terbang langsung ke Jakarta untuk menagih tunggakan biaya pengembangan yang harus dibayar Indonesia kepada Korea Selatan untuk pengembangan bersama pesawat tempur KF-X/IFX generasi berikutnya, dilansir oleh media koreaherald.com.

Menurut sumber industri, gugus tugas Korea Selatan yang terdiri dari 10 pejabat dari Korea Aerospace Industries (KAI) dan Defense Acquisition Program Administration (DAPA) akan bernegosiasi ulang dengan pejabat Indonesia dari hari Rabu hingga Kamis, tentang bagaimana Indonesia akan melunasi tunggakan biaya pengembangan untuk proyek pesawat tempur bersama KF-X/IFX.

KFX IFX
Ilustrasi pesawat tempur KFX/IFX. Kredit: pinterest.at

Sebelumnya mengutip media koreatimes.co.kr, Selasa (08/09/2020), Indonesia dilaporkan kembali menunggak pembayaran biaya pengembangan pesawat KFX/IFX sebesar US $ 420 juta (500,3 miliar Won) per April, meskipun Indonesia sebelumnya setuju untuk mendanai sebagian dana pengembangan sebagai negara mitra bersama Korea Selatan.

Indonesia disisi lain dilaporkan, sementara menahan biaya pembayaran dan masih berupaya mencari transfer teknologi dari Korea Aerospace Industries (KAI) terkait dengan proyek pengembangan pesawat tempur KF-X/IFX. “Pejabat Indonesia telah meminta Defense Acquisition Program Administration (DAPA) untuk merahasiakan negosiasi ulang,” kata seorang pejabat DAPA. “Hanya satuan tugas dari Korea Selatan di lapangan yang akan mengetahui teknologi mana yang akan diminta Indonesia untuk ditransfer.”

Pesawat KFX_IFX
Ilustrasi pesawat tempur KFX/IFX. Kredit: pinterest.at

Ini adalah kesekian kalinya Indonesia dilaporkan menunggak biaya pengembangan bersama pesawat tempur KFX/IFX. Tentu ini bukanlah berita yang kita nantikan mengingat pada awal bulan September 2020 Korea Aerospace Industries (KAI) telah memulai proses perakitan akhir dari prototipe pertama pasawat tempur KFX/IFX. Tentu kita bersama-sama berharap apapun hasil negosiasi ulang terkait proyek bersama pesawat tempur KFX/IFX ini dapat segera menemukan titik terang untuk kedua belah pihak agar proyek ambisius ini dapat berjalan dengan lancar.

Kunjungi Juga:  Last Minute! UEA Menandatangani Kesepakatan Untuk Membeli F-35

Sumber Referensi:

  1. http://www.koreaherald.com/view.php?ud=20200922000866&ACE_SEARCH=1
  2. https://www.koreatimes.co.kr/www/nation/2020/09/113_295537.html
  3. https://id.pinterest.com/pin/710794753674056307/?nic_v2=1a5ZTBx4N

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *