Kemhan Resmi Meluncurkan KRI Teluk Weda-526

Kemhan Resmi Luncurkan KRI Teluk Weda-526

Sebelumnya penulis telah menginformasikan bahwa salah satu BUMS (Badan Usaha Milik Swasta), PT. Bandar Abadi telah menyelesaikan pembangunakan kapal LST (Landing Ship Tank) Bintuni Class ke-8 pesanan dari Kemhan. Mengutip dari pengumuman resmi dari kemhan.go.id, Minggu (28/02/2021), menginformasikan Kepala Pusat Alpalhan Baranahan Kemhan Marsma TNI Asfan Jauhari, S.A.P., M.Si, meresmikan peluncuran Kapal Angkut Tank (AT-8) H-355 untuk TNI Angkatan Laut yang diberi nama KRI Teluk Weda-526. Turut hadir pada acara tersebut, Komisaris Standly Rojali beserta Direktur PT Bandar Abadi Maslina Simanjuntak.

Dalam sambutannya, Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan menjelaskan bahwa proses peluncuran kapal merupakan salah satu momen penting dalam proses pengadaan kapal, yang menandai selesainya pembangunan struktur badan kapal. Pengadaan Kapal Angkut Tank (AT) ini didukung dari anggaran Pinjaman Dalam Negeri (PDN) tahun anggaran 2018 dan memulai pembangunannya pada tanggal 13 September 2019.

KRI Teluk Weda 526
KRI Teluk Weda-526 TNI AL.
Kredit: kemhan.go.id

Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan berharap, setelah dilaksanakan peluncuran kapal ini, penyelesaian pembangunan kapal angkut tank ini dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang telah direncanakan. Pengadaan kapal angkut tank ini merupakan bagian dari program pembangunan kekuatan pertahanan untuk mewujudkan kekuatan pokok MEF (Minimum Essential Force) sesuai renstra 2015-2019.

Kapal Angkut Tank KRI Teluk Weda-526 dapat membawa 10 unit MBT Leopard 2A4 atau 15 tank amfibi BMP-3F. LST ini dapat membawa 2 unit helikopter, pasalnya terdapat dua helipad dengan fasilitas hangar untuk kapasitas helikoper 10 ton. Secara teknis, kapal ini punya panjang 120 meter, lebar 18 meter, dengan tinggi 11 meter. Kecepatannya 16 knots dengan main engine 2×3285 KW yang ditenagai dua mesin. Secara umum Teluk Bintuni Class sanggup dimuati 113 ABK (anak buah kapal), enam orang kru helikopter, dan pasukan sebanyak 361 orang.

PT Bandar Abadi Launching Ceremony Kapal Angkut Tank AT-8 Hull 3551
KRI Teluk Weda-526 pesanan Kemhan.
Kredit: youtube

Pembangunan kapal angkut tank yang dilaksanakan di PT. Bandar Abadi ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pembinaan dan mendorong kemandirian industri dalam negeri guna mengurangi ketergantungan kepada industri negara lain khususnya dalam pengadaan kapal-kapal perang.

Share this article
Kunjungi Juga:  Sistem Pertahanan Udara Iron Dome Versi Terbaru Sukses Diuji Coba
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *