Kapal Selam Alugoro Melaksanakan Uji Indiscretion Rate Sebelum Diserahkan Ke Kemenhan

Kapal Selam Alugoro Melaksankan Uji Indiscretion Rate

Perkembangan terakhir kapal selam Alugoro melaksanakan uji Indiscretion Rate (IR) sebelum akhirnya diserah terimakan ke kementerian pertahanan Indonesia, dikutip dari cnbcindonesia.com, Senin (07/09/2020). Kapal selam Alugoro yang dirakit secara mandiri oleh PT PAL Indonesia yang bekerja sama dengan produsen kapal dari Korea Selatan Daewoo Shipbuilding & Marine (DSME) terus diuji coba melakukan berbagai tahapan-tahapan ujian yang harus ditempuh sebelum dinyatakan lulus.

Melansir koranbumn.com, (04/08/2020), kapal selam Alugoro telah menyelesaikan pengerjaan drydocking di Graving Dock Irian PT PAL Indonesia (Persero) di Surabaya. Selanjutnya setelah proses suplai logistik di Dermaga Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero), kapal selam Alugoro akan menyusuri selat Madura, laut Jawa dan kemudian menuju perairan Banyuwangi untuk menjalani fase lanjutan Sea Acceptance Test (SAT) yang salah satunya adalah pelaksanaan Indiscreation Rate (IR).

Kapal Selam Alugoro
Kapal selam Alugoro sedang melaksanakan pengujian menyelam di perairan Banyuwangi. Kredit : PT PAL Indonesia

Pelaksanaan pengujian Indiscretion Rate (IR) pada kapal selam Alugoro merupakan bagian dari fase lanjutan dari Sea Acceptance Test (SAT) yang dimana bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi fitur stealth (siluman) dari kapal selam. Indiscretion Rate (IR) merupakan rasio waktu yang dibutuhkan oleh kapal selam saat pengisian baterai dipermukaan saat mesin diesel dihidupkan, terutama pada kapal selam tipe diesel elektrik (kapal selam yang menggunakan mesin diesel sebagai sumber penggerak). Ini merupakan fase krusial pada kapal selam, semakin lama kapal selam berada dipermukaan air saat sedang mengisi baterai maka semakin tinggi pula rasio kapal selam untuk diketahui pihak lawan. Berlaku juga sebaliknya semakin cepat kapal selam berada dipermukaan air saat sedang mengisi baterai maka semakin rendah pula rasio kapal selam untuk diketahui pihak lawan.

Sebelumnya merujuk portal berita merdeka.com, Selasa (14/04/2020), kapal selam Alugoro sebelumnya telah berhasil menjalani proses Sea Acceptance Test (SAT) lainnya yaitu tahapan uji Tactical Diving Depth (TDD) hingga kedalaman 310,8 meter di Perairan Utara Pulau Bali pada. Kapal Selam Alugoro juga telah berhasil melaksanakan Nominal Diving Depth (NDD) 250 meter. NDD dan TDD juga bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) dari sebuah kapal kapal selam.

Kunjungi Juga:  Good News! KAI Korea Selatan Memulai Perakitan Prototipe Pertama Pesawat Tempur KFX/IFX

Jika kapal selam Alugoro sukses melewati semua pengujian dalam Sea Acceptance Test (SAT) maka dapat dipastikan jadwal penyerah terimaan kapal selam ini ke kementerian pertahanan Indonesia pada bulan Desember 2020 dapat direalisasikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Disamping itu, keberhasilan ini akan menjadikan Indonesia sukses melaksanakan pembuatan dan pengujian kapal selam secara mandiri. Sehingga menjadikan Indonesia satu-satunya negara dikawasan Asia Tenggara yang mampu memproduksi kapal selamnya secara mandiri.

Sumber Referensi:

  1. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200907075741-4-184769/ini-ujian-misterius-kapal-selam-buatan-ri-yang-dirahasiakan
  2. https://koranbumn.com/2020/08/kapal-selam-alugoro-karya-anak-bangsa-selesaikan-drydocking-dan-siap-fase-lanjutan-sat/
  3. https://www.merdeka.com/uang/pt-pal-kebut-pengerjaan-kapal-selam-alugoro-di-tengah-pandemi-virus-corona.html

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *