Jepang Tidak Memiliki Anggaran Untuk Memodifikasi F-15J Untuk Membawa JASSM

F-15 JASDF

Rencana Jepang untuk memiliki armada 20 pesawat tempur F-15 J yang mampu menembakkan rudal JASSM untuk mempertahankan rantai pulau Nansei yang membentang di barat daya dari Prefektur Okinawa terancam gagal dikarenakan pembengkakan biaya, dikutip dari laman media Jepang asahi.com, Selasa (03/11/2020). Program Pertahanan Jangka Menengah untuk periode lima tahun dari tahun fiskal 2019 hingga tahun fiskal 2023 dengan jelas menetapkan tujuan untuk melengkapai Japan Air Self-Defense Force atau Angkatan Udara Bela Diri Jepang (JASDF) dengan 20 F-15 yang dimodernisasi untuk membawa rudal jelajah JASSM ( Joint Air to Surface Standoff Missile) pada tahun fiskal 2027.

Namun Kementerian Pertahanan Jepang mengakui bahwa hanya 10,8 miliar yen ($ 103 juta) yang disisihkan dalam anggaran fiskal 2019 untuk memodernisasi pesawat tempur F-15J. Anggaran tersebut hanya cukup untuk memodernisasi dua pesawat tempur. Tidak ada anggaran yang disisihkan untuk memodernisasi pesawat tempur F-15J dalam anggaran fiskal 2020, dan sayangnya Kementerian Pertahanan Jepang juga tidak memiliki rencana untuk menyisihkan anggaran dalam anggaran fiskal tahun 2021. Diperlukan waktu sekitar lima tahun dari saat pengeluaran anggaran awal hingga pengiriman pesawat tempur kedalam layanan, yang berarti rencana awal untuk memiliki 20 F-15J yang dimodernisasi untuk membawa rudal jelajah JASSM pada tahun fiskal 2027 dapat menghadapi penundaan yang lama.

Jepang Tidak Memiliki Anggaran Untuk Memodifikasi F 15J 1
Pesawat tempur F-15J JASDF. Kredit: pinterest.com

Biaya membengkak disebabkan karena persiapan retrofitting, yang dimana berbagai biaya harus dibayar untuk desain dan pengujian, pembangunan fasilitas untuk modernisasi, dan pembelian peralatan yang diperlukan untuk melakukan modernisasi. Biaya-biaya ini dibagi selama dua tahun: 41,2 miliar yen dalam anggaran fiskal 2019, dan 39 miliar yen dalam anggaran fiskal 2020. Tetapi jumlah ini tidak mencukupi, sehingga Kementerian Pertahanan meminta tambahan 21,3 miliar yen dalam anggaran fiskal 2021. Selama tiga tahun, total biaya untuk persiapan modernisasi akan mencapai 101,5 miliar yen.

Kunjungi Juga:  Korea Selatan Akan Meluncurkan Prototipe KFX Pada Akhir April

Biaya modernisasi menjadi begitu besar sehingga seorang pejabat tinggi Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan bahwa Jepang tidak memiliki cukup dana untuk proses modernisasi yang sebenarnya. Dan karena penundaan modernisasi tersebut, pejabat Kementerian Pertahanan juga tidak dapat mengajukan permintaan anggaran untuk pengadaan rudal jelajah JASSM yang akan dibawa oleh pesawat tempur tersebut. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar dua tahun dari penandatanganan kontrak untuk membeli rudal jelajah hingga pengiriman. Ada kemungkinan bahwa Jepang tidak akan memiliki rudal jelajah tersebut bahkan jika proses modernisasi dua pesawat tempur pertama selesai.

F 15J 1
Pesawat tempur F-15. Kredit: pinterest.com

Sebelumnya Jepang telah menjajaki kemungkinan untuk memodifikasi pesawat tempur F-15J untuk membawa rudal jelajah JASSM-ER ( Joint Air to Surface Standoff Missile-Extended Range) padan tahun 2017, dilansir dari laporan theaviationgeekclub.com, (10/12/2017). Berkat kemampuan rudal jelajah JASSM-ER, pesawat tempur F-15J memiliki kemampuan serang darat mumpuni yang memungkinkan untuk dapat menyerang Korea Utara langsung dari atas Laut Jepang (wilayah udaranya sendiri) tanpa perlu repot mendekati wilayah negara tersebut. Sekedar informasi rudal jelajah JASSM-ER memiliki jangkauan lebih dari 575 mil (925 km).

Boeing produsen dari pesawat tempur F-15J telah bermitra dengan MHI (Mitsubishi Heavy Industri) untuk melisensi sekitar 200 unit pesawat antara tahun 1980 sampai 2000-an. Keduanya akan bertanggung jawab sebagai kontraktor utama proyek ini serta akan di support oleh Sojitz Corporation perusahaan dagang yang bekerja sama dengan tim Boeing di Jepang.

Sumber Referensi:

  1. http://www.asahi.com/ajw/articles/13897405
  2. https://theaviationgeekclub.com/japan-arm-fleet-f-15j-air-superiority-fighters-jassm-er-standoff-missile/
  3. https://www.pinterest.at/pin/656188608201878699/
  4. https://www.pinterest.at/pin/761178774490327299/
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *