Jepang Meluncurkan Fregat FFM Kelas Mogami (も が み)

Jepang Meluncurkan Fregat FFM Kelas Mogami (も が み)

Dengan semakin agresifnya militer Tiongkok khususnya PLA Navy dalam usahanya untuk menegakkan “klaim” sepihak terkait nine dash line yang dimana merupakan sembilan titik imaginer yang menjadi dasar bagi Tiongkok, dengan dasar historis, untuk mengklaim wilayah di Laut China Selatan. Tentu saja aktivitas dari militer Tiongkok telah membuat khawatir negara-negara yang juga memiliki kepentingan di Laut China Selatan salah satunya adalah Jepang. Untuk mengimbangi agresifitas Tiongkok di Laut China Selatan, Jepang telah mulai secara perlahan meninggalkan kebijakan pasif-nya khususnya dalam militer dan secara mantap meningkatkan kekuatan militernya.

Salah satu upaya Jepang dalam meningkatkan kekuatan mliternya khususnya di sektor maritim yaitu dengan meningkatkan kuantitas dari kapal permukaannya. Mengutip dari akun twitter JMSDF (Japan Maritime Self Defense Force) menginformasikan bahwa galangan kapal MHI (Mitsubishi Heavy Industries) telah meluncurkan fregat FFM di Nagasaki yang diberi nama sebagai Mogami (も が み). Fregat ini merupakan fregat pertama dari jenisnya (30FFM).

Nama kapal ini diambil dari Sungai Mogami (Mogami-gawa) yang terletak di Prefektur Yamagata, Jepang. Menurut keterangan JMSDF, “Sungai Mogami dikatakan sebagai “Mother’s River ” karena membawa banyak berkah bagi manusia.” Galangan kapal sekarang akan melanjutkan ke tahap instalasi dan pengujian sebelum dijadwalkan untuk diserahkan kepada JMSDF tahun depan.

Kunjungi Juga:  Good News! KAI Korea Selatan Memulai Perakitan Prototipe Pertama Pesawat Tempur KFX/IFX

30FFM (juga dikenal sebagai FFM) merupakan fregat multi-misi generasi berikutnya yang dirancang untuk JMSDF. Sebanyak 22 unit Fregat akan dibangun untuk memenuhi kebutuhan dari JMSDF. Dua galangan kapal yang bertugas membangun dua fregat pertama ini adalah Mitsubishi Heavy Industries (MHI) di Nagasaki dan Mitsui E&S di Okayama.

Upacara Peluncuran Fegat FFM Kelas Mogami
Upacara peluncuran Fregat FFM kelas Mogami.
Kredit: twitter/@JMSDF

Menurut MHI, fregat multi-misi 30FFM tersebut akan memiliki displacement beban penuh sekitar 5.500 ton, dengan panjang 132,5 meter dan lebar 16,3 meter. Fregat ini akan memiliki kecepatan maksimum lebih dari 30 knot. Untuk mencapai kecepatan tinggi (lebih dari 30 knot), fregat akan dilengkapi dengan sistem propulsi CODAG yang terdiri dari satu turbin Rolls Royce MT-30 gaz dan dua mesin diesel MAN 12V28/33D. Disamping itu, fregat ini telah dirancang dengan otomatisasi tingkat tinggi sehingga hanya memerlukan 90 orang pelaut.

Fregat ini akan dilengkapi oleh berbagai macam sensor dan persenjataan, yaitu sebagai berikut:

  • Meriam utama BAE Systems Mk.45 mod.4
  • Sistem senjata jarak jauh Japan Steel Works 12,7mm × 2
  • Sistem VLS Mk.41
  • Raytheon SeaRAM × 1
  • Rudal anti-kapal MHI Tipe 17 × 8
  • Mitsubishi Electric OPY-2 multifungsi Radar
  • Sensor Mitsubishi Electric OAX-3EO / IR
  • Hitachi OQQ-11 anti-mine sonar
  • Sonar anti-kapal selam NEC OQQ-25 (VDS / TASS)
  • UUV (OZZ-5 oleh MHI) dan USV untuk misi anti ranjau
  • Ranjau laut untuk perang ranjau ofensif
Video peluncuran fregat 30FFM Mogami di galangan kapal MHI di Nagasaki.
Kredit: youtube/Kyodo News

Atsui Yoshioka, Manajer Proyek Senior Proyek 30FFM di MHI mengatakan bahwa persyaratan utama yang mendorong desain kapal masa depan ini adalah:

  • Penampang radar sangat rendah
  • Kecepatan sangat tinggi
  • Kru berkurang
  • Kemampuan untuk meluncurkan dan recover sistem tak berawak

Berdasarkan informasi yang beredar pada bulan November tahun lalu mengatakan bahwa Jepang sedang dalam pembicaraan dengan Indonesia mengenai potensi kesepakatan ekspor hingga delapan unit fregat 30FFM.

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *