Breaking News! Helikopter Mi-24 Rusia Ditembak Jatuh Oleh Azerbaijan

Helikopter Mi-24

Sebuah helikopter Mi-24 Rusia ditembak jatuh oleh Azerbaijan di perbatasan Armenia oleh sistem pertahanan udara portabel, mengutip laporan dari media Rusia tass.com, Senin (09/11/2020). Pada tanggal 9 November, sekitar pukul 17:30 waktu Moskow, sebuah helikopter Mi-24 Rusia diserang dari darat oleh sistem pertahanan udara portabel (MANPADS atau MAN Portable Air Defense System) ketika sedang mengawal konvoi kendaraan dari pangkalan militer Rusia ke-102 di wilayah itu.

Insiden tersebut menewaskan dua orang kru dan melukai satu lainnya yang saat ini sedang menerima pertolongan medis, dilansir dari defence24.pl, Senin (09/11/2020). Baik Armenia dan Azerbaijan sendiri memiliki hekopter dari keluarga Mi-24 Hind (Mi-24 & Mi-35). Sementara itu, disaat yang sama keduanya juga memiliki sistem pertahanan udara modern Rusia seperti Igla-S, yang mungkin saja digunakan dan bertanggung jawab dalam insiden tragis tersebut.

Menurut beberapa saksi mata yang dengan tempat terjadinya insiden tersebut mengatakan bahwa helikopter tersebut terbang di sekitar perbatasan negara bagian Armenia-Azerbaijan pada saat terjadi pertempuran aktif di zona konflik Armenia-Azerbaijan Nagorno-Karabakh, melansir dari laman thedrive.com, Senin (09/11/2020). Insiden tersebut terjadi setelah gelap, di ketinggian rendah, di luar zona deteksi radar pertahanan udara. Helikopter Angkatan Bersenjata Rusia sebelumnya tidak terdeteksi di daerah tersebut. Dalam berbagai faktor seperti yang disebutkan di atas dan mengingat situasi tegang di wilayah tersebut dan kewaspadaan militer yang tinggi karena kemungkinan provokasi pihak Armenia, kru operasional yang sedang bertugas membuat keputusan untuk menggunakan kekuatan mematikan yang berakhir dengan insiden tragis tersebut.

Kunjungi Juga:  Prabowo Dijadwalkan Berkunjung Ke Austria Untuk Membahas Penjualan Eurofighter Typhoon

Azerbaijan secara resmi telah meminta maaf kepada Rusia atas insiden tragis yang terjadi diluar wilayah konflik tersebut, yang bersifat kebetulan dan tidak ditujukan kepada pihak Rusia. Azerbaijan juga mengirimkan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga awak kapal yang tewas dalam insiden tersebut dan mengharapkan pemulihan secepatnya bagi mereka yang terluka. Pihak Azerbaijan siap untuk membayar ganti rugi yang sesuai.

Helikopter Mi 24 Rusia Ditembak Jatuh Oleh Azerbaijan
Helikopter Mi-24. Kredit: pinterest.com

Sebelumnya penulis telah membahas mengenai konflik Nagarno-Karabakh antara Armenia dan Azerbaijan pecah pada tanggal 27 September, dengan pasukan Azerbaijan bergerak ke wilayah Nagorno-Karabakh yang telah disengketakan. Sampai artikel ini ditulis pertempuran antara Armenia dan Azerbaijan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti meskipun ada seruan internasional bagi kedua belah pihak untuk mencari penyelesaian tanpa kekerasan terhadap krisis tersebut. Sudah ada tiga upaya gencatan senjata yang gagal, yang masing-masing gagal dalam kurun waktu kurang dari 24 jam dari waktu yang telah disepakati. Apa pun yang terjadi selanjutnya, implikasi dari penembakan Mi-24 Rusia merupakan perkembangan baru yang berbahaya dalam konflik dan menggaris bawahi resiko lanjutan yang berpotensi menkadi konflik regional yang lebih luas. 

Sumber Referensi:

  1. https://tass.com/emergencies/1221615
  2. https://www.defence24.pl/rosyjski-mi-24-zestrzelony-nad-armenia
  3. https://www.thedrive.com/the-war-zone/37512/russian-mi-24-hind-gunship-shot-down-in-armenia-near-border-with-azerbaijan
  4. https://twitter.com/aldin_ww/status/1325848819087650817
  5. https://www.pinterest.at/pin/340584790575950366/

pinit fg en rect red 28

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *