Fincantieri Marinette Marine meluncurkan USS Marinette Untuk Angkatan Laut Amerika Serikat

LCS Freedom USS Marinette

Galangan kapal Fincantieri Marinette Marine meluncurkan USS Marinette kapal Littoral Combat Ship (LCS) yang ke-25 untuk Angkatan Laut Amerika Serikat dalam sebuah upacara yang diadakan di Marinette, Wisconsin, dilansir dari defpost.com, Senin (02/11/2020). Marinette Marine mendapat kontrak untuk membuat kapal Littoral Combat Ship (LCS) kelas Freedom pada 31 Maret 2016 di galangan kapal mereka di Marinette, Wisconsin.

Pada Maret 2019, Lockheed Martin telah mengumumkan bahwa pembangunan kapal Littoral Combat Ship (LCS) yang ke-25 telah dimulai, dikutip dari media navyrecognition.com, Minggu (01/11/2020). Kapal ini adalah kapal Angkatan Laut Amerika serikat pertama yang menyandang nama Marinette, dan diberi nama untuk mengakui kontribusi signifikan kota tersebut untuk pembuatan kapal Angkatan Laut Amerika Serikat. Fincantieri Marinette Marine mulai beroperasi pada tahun 1942 untuk menyediakan kapal untuk Angkatan Laut Amerika Serikat untuk Perang Dunia II. Marinette adalah tempat kelahiran Littoral Combat Ship (LCS) kelas Freedom. Lockheed Martin dan Fincantieri Marinette Marine telah bekerja sama selama lebih dari 16 tahun.

Littoral Combat Ship (LCS) merupakan kapal permukaan yang relatif kecil yang dirancang untuk operasi di dekat pantai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat yang sangat bermanuver, mematikan, dan mudah beradaptasi serta dirancang untuk mendukung misi anti ranjau, perang anti kapal selam, dan misi peperangan permukaan, en.wikipedia.org, Selasa (03/11/2020). Littoral Combat Ship (LCS) kelas Freedom mengintegrasikan teknologi dan kemampuan baru untuk mendukung kemampuan misi saat ini dan masa depan dengan harga terjangkau dari perairan dalam hingga pesisir.

Kapal Littoral Combat Ship (LCS) terdiri dari dua varian yaitu varian Freedom dan varian Independence, dimana keduanya dirancang dan dibangun oleh dua tim industri. Kapal ini sedang dibangun oleh tim industri yang dipimpin oleh Lockheed Martin di Fincantieri Marinette Marine. Tim yang dipimpin Lockheed Martin membangun lambung bernomor ganjil. Tim varian Independence dipimpin oleh Austal USA, di Mobile, Alabama, (untuk LCS 6 dan lambung bernomor genap berikutnya).

Kunjungi Juga:  Penerbangan Perdana Gripen E Brasil
Fincantieri Marinette Marine meluncurkan USS Marinette Untuk Angkatan Laut Amerika Serikat 5
Kapal LCS Kelas Freedom USS Marinette. Kredit: defpost.com

Desain Littoral Combat Ship (LCS) Kelas Freedom didasarkan pada monohull baja semi-planing dengan superstruktur aluminium. Kapal ini memiliki panjang 377 kaki (115 m), dan menggusur berat 3.500 ton. Desainnya juga menggabungkan kerangka laut yang besar dan dapat dikonfigurasi ulang untuk memungkinkan modul misi yang dapat dipertukarkan dengan cepat, dek penerbangan dengan peluncuran helikopter terintegrasi, sistem recovery and handling, serta kemampuan untuk meluncurkan dan merecovery kapal (berawak dan tak berawak) baik dari buritan maupun samping.

Kapal Littoral Combat Ship (LCS) Kelas Freedom ini didukung oleh dua mesin turbin gas Rolls-Royce MT30 36MW dan dua mesin diesel Colt-Pielstick 16PA6B 6,8 MW (9.100 hp) dan 4 waterjet Rolls-Royce. Kapal ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 47 knot (87 km/jam) dengan jarak jelajah maksimum 3.500 nmi (6.500 km) dengan kecepatan 18 knot (33 km/jam).

LCS Freedom Class 4
LCS Kelas Freedom. Kredit: pinterest.com

Kapal Littoral Combat Ship (LCS) Kelas Freedom dipersenjatai dengan satu meriam angkatan laut BAE Systems Mk 110 57 mm, satu peluncur Mk 49 dengan 21 × RIM-116 Rolling Airframe Surface to Air Missiles, empat senapan mesin 50 in (12,7 mm), dua 30 mm. Meriam Mk44 Bushmaster II, delapan RGM-184A Naval Strike Missiles, 24 rudal AGM-114L Hellfire dan satu Lockheed Martin 150 kw High Energy Laser.

Sumber Referensi:

  1. https://defpost.com/lockheed-martin-led-team-launches-u-s-navy-littoral-combat-ship-future-uss-marinette-lcs-25/
  2. https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/2020/november/9215-fincantieri-marinette-marine-launches-uss-marinette-lcs-25-freedom-class-littoral-combat-ship-for-us-navy.html
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Littoral_combat_ship
  4. https://www.youtube.com/watch?v=tAcymV0Mno4
  5. https://www.pinterest.at/pin/748442031819345500/

pinit fg en rect red 28

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *