Filipina Menerima Helikopter Blackhawk dari Polandia

Helikopter UH-60 Blackhawak

Akhirnya Filipina menerima helikopter Blackhawk dari Polandia yang ditandai dengan kedatangan pesawat angkut kelas berat Antonov yang mengangkut 5 unit helikopter Blackhawk di Pangkalan Udara Clark dekat Manila pada tanggal 9 November, dilansir dari defbrief.com, Rabu (11/11/2020). Sementara itu, Black hawk keenam dimuat di sebuah kapal kargo dan diperkirakan akan tiba di Manila bulan depan. Keenam unit tersebut merupakan bagian dari bach pertama pengiriman helikopter Blackhawk ke Filipina.

Filipina memperoleh helikopter berdasarkan kesepakatan dengan pemerintah Polandia (G to G atau goverment to goverment), dengan kontrak senilai $ 241 juta pada tahun 2019, dikutip dari laman defensenews.com, Rabu (11/11/2020). Pembelian helikopter Blackhawks merupakan bagian dari program modernisasi Horizon 2 yang akan berlangsung selama lima tahun dimulai dari tahun 2018 sampai 2022. Helikopter tersebut diproduksi oleh perusahaan Polandia PZL Mielec, anak perusahaan dari Lockheed Martin yang sebelumnya juga telah mengakuisisi Sikorsky, pabrikan asli helikopter Black Hawk.

Filipina Menerima Helikopter Blackhawk
Helikopter Blackhawak Filipina. Kredit: Kementerian Pertahanan Filipina

Helikopter transportasi adalah bagian penting dari angkatan bersenjata Filipina. Menimbang Filipina merupakan negara kepulauan yang terdiri dari lebih dari 7.000 pulau dan harus menghadapi sejumlah pemberontakan yang sedang berlangsung serta bencana alam. Oleh karena itu, helikopter sering digunakan untuk mengangkut pasukan dan peralatan serta melakukan operasi bantuan bencana alam.

Sebelumnya Filipina berusaha untuk membeli helikopter utilitas Bell UH-1 yang baru-baru ini dipensiunkan oleh Korea Selatan, dan juga telah menerima pengiriman enam pesawat kontra pemberontakan Embraer A-29B Tucano buatan Brasil pada pertengahan Oktober.

Filipina Menerima Helikopter Blackhawak dari Polandia
Helikopter Blackhawak Filipina. Kredit: Kementerian Pertahanan Filipina

UH-60 Black Hawk merupakan helikopter serba guna, angkut menengah, bermesin ganda yang diproduksi oleh Sikorsky Aircraft, disadur dari id.wikipedia.com, Kamis (12/11/2020). Sikorsky mengajukan desain S-70 untuk kompetisi Utility Tactical Transport Aircraft System (UTTAS) untuk Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1972. Angkatan Darat Amerika Serikat menyebut prototipenya sebagai YUH-60A dan memilih Black Hawk sebagai pemenang program pada tahun 1976, setelah kompetisi fly-off dengan Boeing Vertol YUH-61.

Kunjungi Juga:  Rusia Menguji Coba Rudal Hipersonik Zirkon

Sumber Referensi:

  1. https://defbrief.com/2020/11/11/philippines-welcomes-first-blackhawk-helicopters-from-poland/
  2. https://www.defensenews.com/global/asia-pacific/2020/11/10/first-batch-of-polish-blackhawk-helos-arrive-in-the-philippines/
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Sikorsky_UH-60_Black_Hawk
  4. https://www.pinterest.at/pin/579205202067949880/

pinit fg en rect red 28

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *