Estonia Menerima Howitzer Self Propelled K9 Thunder Dari Korea Selatan

K9 Self Propelled Howitzers

Militer Estonia menerima howitzer self propelled K9 Thunder buatan Korea Selatan dan sisa 16 unit yang dibeli oleh negara tersebut akan dikirimkan selama tiga tahun, dilansir dari media armyrecognition.com, Senin (12/10/2020). Pelatihan dengan dua alutsista howitzer K9 Thunder yang baru dikirim akan dimulai pada 2021 setelah dilengkapi dengan skema kamuflase Estonia dan peralatan komunikasi. 

Howitzer self-propelled K9 Thunder yang diproduksi oleh Hanwha Defense diakuisisi karena telah diuji di Korea Selatan yang dimana memiliki iklim yang mirip dengan Estonia, mengutip dari seorang pejabat militer Estonia. Howitzer K9 Thunder akan dikerahkan ke batalion artileri Brigade Infanteri 1 untuk menggantikan artileri 155 milimeter yang sudah menua. Sementara itu, siklus hidup Howitzer K9 Thunder direncanakan selama 45 tahun.

Estonia Menerima Howitzer Self Propelled K9 Thunder Dari Korea Selatan 1
Howitzer K9 Thunder. Kredit: pinterest.com

Mengutip dari militaryleak.com, Senin (12/10/2020), Estonia telah memutuskan untuk berpartisipasi dalam pengadaan howitzer self-propelled Finlandia. Menteri Pertahanan Finlandia Jussi Niinisto mengusulkan ke Estonia untuk bersama-sama membeli howitzer self-propelled K9 Thunder Buatan Korea Selatan tersebut.

Kontrak pengadaan howitzer K9 Thunder juga mencakup pelatihan, pemeliharaan, dan suku cadang. Pasukan Pertahanan Finlandia mengumumkan pada 17 Februari 2017 bahwa mereka akan membeli 48 Howitzer K9 Thunder bekas, dengan pengiriman yang dimulai pada 2017. Sebelumnya, Finlandia dan Estonia telah bekerja sama untuk memperoleh radar jarak menengah. Howitzer K9 FIN “Moukari” (Sledge-hammer) adalah varian Finlandia dari K9 dengan menggunakan APU yang telah dimodifikasi agar sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Finlandia.

Howitzer K9 Thunder
Howitzer K9 Thunder dalam sebuah latihan militer. Kredit: pinterest.com

K9 Thunder adalah howitzer 155 mm self-propelled (swa gerak) Korea Selatan yang dirancang dan dikembangkan oleh Agency for Defense Development (ADD) dan Samsung Aerospace Industries untuk Republik Korea Armed Forces (ROKAF), dan sekarang diproduksi oleh Hanwha Defense, disadur dari id.wikipedia.org, Kamis (15/10/2020).

Kunjungi Juga:  Taiwan Meluncurkan Korvet Kelas Tuo Chiang Yang Telah Dimodernisasi

Howitzer K9 Thunder beroperasi secara berkelompok dengan amunisi otomatis K10 yang memasok varian kendaraan. Seluruh armada Howitzer K9 Thunder yang dioperasikan oleh Angkatan Bersenjata Korea Selatan sekarang sedang menjalani peningkatan ke standar K9A1, dan pengembangan lebih lanjut dari varian K9A2 sedang dalam proses. Kendaraan pertama diluncurkan pada 17 Desember 1999, dan diterjunkan ke Korps Marinir Republik Korea di Pulau Yeonpyeong. Pengguna howitzer K9 lainnya termasuk Turki, Polandia, India, Finlandia, dan Norwegia.

Sumber Referensi:

  1. https://militaryleak.com/2020/10/12/estonia-receives-south-korean-k9-thunder-self-propelled-howitzers/
  2. https://www.armyrecognition.com/defense_news_october_2020_global_security_army_industry/k9_thunder_self-propelled_howitzer_inducted_in_estonian_army.html
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/K9_Thunder
  4. https://www.pinterest.at/pin/AV0d_yk2lWSwk0MHAKys7JoUi0nvwoGZ63MqUm5XW3Uper36LVkYexI/
  5. https://www.pinterest.at/pin/209487820155237347/
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *