Prabowo Bertemu Dengan Deputi Menhan Rusia

Prabowo Bertemu Dengan Deputi Menhan Rusia

Selama satu tahun terakhir pengadaan alutsista khususnya dari blok timur, Rusia tidak seheboh tahun-tahun sebelumnya. Salah satu contohnya yaitu, pengadaan pesawat tempur Sukhoi-35 yang digadang-gadang sebagai pengganti pesawat F-5 Tiger TNI Angkatan Udara yang telah terlebih dahulu “pamit” setelah lebih dari 35 tahun menjadi ujung tombak dalam mempertahankan kedaulatan negara kita tercinta. Sayangnya, hingga artikel ini ditulis kepastian dari pengadaan “Super Flanker” tersebut belum menemukan titik terang, bahkan kabar terakhir muncul kandidat baru seperti Dassaul Rafale dan F-15EX sebagai alternatif pengganti dari pesawat tempur buatan Rusia tersebut.

Setelah cukup lama kita tidak disuguhkan informasi terkait kerja sama antara Indonesia dengan Rusia terkait dalam bidang pertahanan, baru-baru ini menteri dari masing-masing negara “bertatap muka” untuk pertama kalinya ditahun ini. Mengutip dari laman kemhan.go.id, Jumat (26/03/2021), menginformasikan bahwa Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto melaksanakan pertemuan dengan Deputy Defence Minister of the Russian Federation – Head of the Main Military-Political Directorate of the Armed Forces of the Russian Federation, Colonel General Andrei Kartapolov, di Kementerian Pertahanan Federasi Rusia, Moskow.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini, Deputi Menhan Federasi Rusia Kolonel Jenderal Andrei Kartapolov menyatakan bahwa kerjasama pertahanan antara Republik Indonesia dan Federasi Rusia mengalami tren positif. Pertemuan tersebut juga membahas mengenai kemungkinan pengembangan teknis kerjasama militer kedua negara dan mengungkapkan kesepahaman atas keinginan yang sama dalam upaya peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara.

Kunjungi Juga:  Saab Mengirimkan Pesawat AEW&C GlobalEye Ketiga Untuk Uni Emirat Arab

Menhan Republik Indonesia Prabowo Subianto dan Deputi Menhan Federasi Rusia dalam pertemuan tersebut juga membahas pentingnya membangun dan memelihara kerja sama multilateral dalam format Pertemuan Para Menteri Pertahanan negara-negara anggota ASEAN dan negara-negara partner (ADMM-Plus).

Prabowo Bertemu Dengan Menhan Rusia
Prabowo Bertemu Dengan Deputi Menhan Rusia.
Kredit: Biro Humas Setjen Kemhan

Sebelumnya pada bulan Juni tahun lalu, Menhan RI dalam lawatannya ke Federasi Rusia juga telah melaksanakan pertemuan dengan Wakil Menhan Federasi Rusia Alexander Fomin di Moskow.

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *