China Meluncurkan LHD Type 075 yang Ketiga Untuk PLAN

China Meluncurkan LHD Type 075 yang Ketiga Untuk PLAN

China melanjutkan pembangunan armadanya dengan kecepatan yang luar biasa yang ditandai dengan peluncuran Landing Helicopter Dock (LHD) Type 075 yang ketiga untuk People’s Liberation Army Navy (PLAN), dilansir dari laman navalnews.com, Jumat (29/01/2021). Peluncuran tersebut dilaksanakan oleh galangan kapal Hudong-Zhonghua di Shanghai.

Galangan kapal Hudong-Zhonghua sebelumnya sudah membangun dua kapal pertama di kelasnya. LHD Type 075 pertama untuk PLAN diluncurkan pada bulan September 2019 dan memulai uji coba laut pada  bulan Agustus tahun lalu sedangkan kapal yang kedua diluncurkan pada  bulan April 2020 dan memulai uji coba laut pada bulan Desember 2020. Secara keseluruhan, ini menunjukkan tingkat kecepatan yang mengesankan dari proses kontruksi yang dimana satu LHD dapat diluncurkan setiap 6 bulan.

LHD Type 075 merupakan proyek lanjutan dari kapal Landing Platform Dock (LPD) Type 071 dengan berat 20.000 ton yang saat ini telah beroperasi di PLAN. China secara resmi memulai pengembangan LHD Type 075 pada tahun 2011. Proyek tersebut dimaksudkan untuk menyediakan kapal pengangkut helikopter dengan bobot lebih dari 30.000 ton kepada PLAN. Tujuannya kemungkinan untuk meningkatkan kemampuan serangan amfibi ke Taiwan dalam rangka mewujudkan amibisi “One China”.

Adapun spesifikasi dari kapal ini berasarkan rumor di internet yaitu sebagai berikut:

  • Berat : 35.000 ton sampai 40.000 ton
  • Panjang : 235 meter
  • Kapasitas angkut : 28-30 unit helikopter
  • Daya : mesin diesel dengan 12.000 kW
  • Persenjataan : empat CIWS termasuk dua HQ-10 dan dua H / PJ-11
LHD Type 075
Peluncuran LHD Type 075 digalangan kapal Hudong-Zhonghua di Shanghai.
Kredit: twitter/@Loongnaval

Menurut beberapa sumber, 8 LHD Type 075 telah dipesan untuk PLAN. Sementara versi yang lebih besar (diklasifikasikan sebagai  Type 076 ) dirumorkan sedang dikembangkan untuk menyaingi LHD kelas Wasp Amerika Serikat. Saat beroperasi penuh, LHD Type 075 yang baru akan meningkatkan kemampuan amfibi PLAN, yang saat ini mengandalkan LPD Type 071.

Share this article
Kunjungi Juga:  Resmi! Jepang Akhirnya Memilih MHI Untuk Memimpin Pengembangan Pesawat Siluman Baru
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *