Boeing Loyal Wingman Melaksanakan Taxi Test Untuk Pertama Kali

Boeing Loyal Wingman

Dipenghujung tahun 2020 ini, Australia tetangga selatan Indonesia yang sedang sibuk memodernisasi aset alutsistanya salah satunya program “Loyal Wingman” yang saat ini sedang dirampungkan dikabarkan berhasil melaksanakan uji taxi test. Mengutip dari press release dan akun twitter boeing.mediaroom.com, Senin (21/12/2020), melaporkan bahwa Boeing Australia dan Royal Australian Air Force (RAAF) telah menyelesaikan uji taxi test kecepatan tinggi pertama dari Loyal Wingman sebagai persiapan untuk penerbangan pertama (first flight).

Personel penguji Boeing memantau kinerja dan instrumentasi pesawat dari stasiun kendali darat untuk memverifikasi fungsionalitas saat pesawat mencapai kecepatan yang dipercepat. Pesawat tanpa awak telah menjalani pengujian taksi berkecepatan rendah, sedang, dan tinggi di lokasi pengujian jarak jauh di Australia.

“Program uji kami berjalan dengan baik, dan kami senang dengan data uji lapangan yang telah kami kumpulkan hingga saat ini, kami juga bekerja dengan Air Warfare Center untuk menyelesaikan verifikasi uji akhir guna mempersiapkan pengujian penerbangan di tahun baru.”

Manajer Uji Penerbangan Boeing Paul Ryder

Sementara itu, Kepala Angkatan Udara Royal Australian Air Force (RAAF) setelah melihat pesawat secara langsung selama uji coba pada bulan Desember menyatakan:

“Ada sesuatu yang sangat istimewa tentang pengujian pesawat yang membawa teknologi ke tingkat berikutnya. Itu ikonik dengan caranya sendiri. Mengalami antusiasme dari tim Boeing dan Angkatan Udara mengingatkan saya pada pesawat penguji karir awal saya. Inilah inti dari inovasi dan bekerja sama untuk mencapai banyak hal pertama.”

Kepala Angkatan Udara Royal Australian Air Force (RAAF) Marsekal Cath Roberts 
Boeing Loyal Wingman Taxi Test
Boeing Loyal Wingman RAAF.
Kredit: twitter/@BoeingAustralia

Boeing dan Royal Australian Air Force (RAAF) akan melanjutkan tes taksi terakhir dan persiapan untuk penerbangan pada awal 2021 ketika penerbangan telah dibuka kembali. Lebih dari 35 pemasok Australia di tim industri Australia telah berkontribusi pada pengembangan pesawat, termasuk mitra investasi BAE Systems Australia, yang telah bergabung dengan tim penguji Boeing di lokasi.

Kunjungi Juga:  Boeing Akan Merakit Drone Loyal Wingman Di Queensland

Sumber Referensi:

  1. https://boeing.mediaroom.com/news-releases-statements?item=130788
  2. https://twitter.com/BoeingAustralia/status/1340794757677649922
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *