Austria Memesan 30 Unit Tambahan Pandur 6X6 Evolution

Austria Memesan 30 unit Tambahan Pandur 6x6 Evolution

Kementerian pertahanan Austria telah memberikan kontrak kepada General Dynamics European Land Systems (GDELS) untuk mengirimkan 30 unit Pandur 6×6 Evolution tambahan, dikutip dari siaran pers resmi gdels.com, Selasa (26/01/2021). Kontrak tersebut merupakan batch kedua dari pesanan kendaraan ini untuk Angkatan Darat Austria.

Kendaraan baru ini dirancang sebagai Armored Personnel Carriers (APC) dan dapat diubah menjadi peran lain seperti CASEVAC (casualty evacuation atau evakuasi korban) karena desain modularnya. Sebelumnya, batch pertama untuk pembelian 34 unit Pandur 6×6 Evolution telah selesai dikirim ke Angkatan Darat Austria pada tahun 2018-2020 dan ditempatkan di Jägerbataillon 17 di Straß / Styria. Dengan demikian, pada tahun 2023 Angkatan Darat Austria akan memiliki total 64 unit Pandur 6×6 evolution dengan nilai total keseluruhan programnya sebesar 105 juta Euro.

APC Pandur 6x6 Angkatan Darat Austria
APC Pandur II 6×6 Angkatan Darat Austria.
Kredit: twitter/@DPMHAUS1

“Kami sangat bangga mendapatkan kontrak penting ini. Kerja sama dengan Angkatan Bersenjata Austria sangat bagus dan menggaris bawahi kepuasan yang besar dengan produk kami. Selain itu, pesanan ini mengamankan ratusan pekerjaan teknologi tinggi karena nilai tambah Austria.”

Direktur pelaksana GDELS, Martin Reischer

Pengiriman batch baru kendaraan diharapkan selesai antara tahun 2022 dan 2023. Kendaraan tersebut akan sepenuhnya diproduksi di Austria yang menguntungkan ekonomi lokal dan mengamankan ratusan pekerjaan terampil. Lebih dari 200 pemasok terutama UKM terlibat dalam program ini.

APC Pandur 6x6 Evolution Dalam Pameran
APC Pandur II 6×6 Evolution dalam sebuah pameran.
Kredit: twitter/@DPMHAUS1

Pandur telah digunakan oleh Angkatan Bersenjata Austria sejak tahun 1996. Pandur 6×6 Evolution merupakan versi modern dari Armored Personnel Carriers (APC) 6×6 Pandur yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan GDELS-Steyr untuk Angkatan Bersenjata Austria. Awak kendaraan terdiri dari tiga tentara (komandan, pengemudi dan operator senjata), dan 8 tentara tambahan dapat diangkut di area pendaratan. Penekanan utama modernisasi difokuskan pada peningkatan ketahanan balistik, mobilitas dan daya tembak, serta perbaikan kondisi kerja awak.

Kunjungi Juga:  Airbus Mengembangkan Pesawat Latih Baru

Secara spesifik modul lapis baja tambahan dipasang di seluruh permukaan lambung dan bagian bawah lambung diperkuat untuk meningkatkan ketahanan terhadap ledakan ranjau. Untuk sektor penggerak, mesin yang lama diganti dengan mesin diesel 455 HP Steyr V6-12C yang lebih bertenaga. Sementara itu turret yang usang digantikan oleh modul senjata yang dikendalikan dari jarak jauh dari perusahaan Israel Elbit Systems dengan senapan mesin M2 kaliber besar 12,7 mm serta peluncur granat asap. 

APC Pandur 6x6 Evolution
Ruang awak dari APC Pandur II 6×6 Evolution.
Kredit: twitter/@DPMHAUS1

Sistem komunikasi menggunakan radio onboard CNR-9000 dan PNR-500AT yang juga akan dipasok oleh Israel melalui kerja sama dengan perusahaan Israel Tadiran. Ruang di dalam kendaraan juga ditingkatkan, serta sistem perlindungan terhadap senjata pemusnah massal dan elektronik yang lebih efisien, sistem kamera omnidirectional, dan beberapa lainnya, yang secara signifikan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan kerja kru.

Saat ini, ada beberapa tipe dasar kendaraan tempur yang digunakan oleh Angkatan Darat Austria termasuk 56 MBT Leopard 2A4, 112 IFV Ulan (ASCOD versi Austria), 71 APC beroda Pandur I dan 75 kendaraan lapis baja MRAP Dingo 2. Dengan pembelian total 64 APC beroda Pandur 6×6 Evo baru akan memungkinkan untuk melengkapi potensi tempur unit mekanik dan mendukung industri senjata lokal.

Video promosi dari Pandur II oleh GDELS.
Kredit: youtube/GDELS

Keluarga kendaraan Pandur, tersedia dalam konfigurasi 6×6 dan 8×8 dan amfibi atau terestrial, berfungsi sebagai platform umum untuk berbagai persenjataan dan sistem peralatan. Platform ini menggabungkan mobilitas tinggi, survivabilitas, dan perlindungan berkat konsep drive train internalnya. Pandur memastikan kesamaan logistik, keserbagunaan persenjataan dan peralatan, operasi sederhana, keberlanjutan yang sangat baik, ketersediaan tinggi, arsitektur elektronik internal, dan perawatan yang mudah. GDELS-Steyr telah membangun lebih dari 3.000 kendaraan lapis baja (tracked dan wheeled), lebih dari 800 platform Pandur beroperasi di seluruh dunia, lebih dari 500 di negara anggota NATO. Sebagai catatan TNI Angkatan Dara juga memilih Pandur II sebagai kendaraan IFV-nya.

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *