Angkatan Laut Prancis Secara Resmi Melantik Kapal Selam Nuklir Kelas Suffren

Kapal Selam Nuklir Kelas Suffren Barracuda

Setelah lebih dari 20 tahun pengembangan akhirnya Angkatan Laut Prancis secara resmi melantik kapal selam nuklir kelas Suffren (Barracuda) di Pangkalan Angkatan Laut Toulon, Prancis, melansir dari defbrief.com, Jumat (06/11/2020). Kapal selam nuklir kelas Suffren adalah yang pertama dari serangkaian enam SSN kelas Barracuda yang secara bertahap akan menggantikan kapal selam nuklir kelas Rubis Angkatan Laut Prancis.

Pengiriman pertama ini merupakan awal dari fase menuju kualifikasi untuk kapal selam baru ini, dirujuk dari defpost.com, Sabtu (07/11/2020). Pengiriman enam kapal selam akan dilakukan selama satu dekade. Dengan umur lebih dari 30 tahun, kapal selam nuklir kelas Suffren akan menjadi tulang punggung armada kapal selam Angkatan Laut Prancis hingga setidaknya tahun 2060, menjadikannya salah satu sistem senjata utama abad ini.

Angkatan Laut Prancis Secara Resmi Melantik Kapal Selam Nuklir Kelas Suffren 1
Kapal Selam Nuklir Kelas Suffren Angkatan Laut Prancis. Kredit: navalnews.com

“Betapa panjangnya perjalanan Naval Group dengan mitra industri dan pemerintahnya sejak lembaran logam pertama dipotong pada 10 Desember 2007, kurang dari setahun setelah DGA menandatangani kontrak akuisisi . Tantangan industri sangat banyak. Saya salut atas komitmen tim desain dan produksi Naval Group, dari TechnicAtome – kontraktor utama untuk ruang ketel nuklir onboard – serta DGA, CEA dan Angkatan Laut Prancis. Ratusan perusahaan Prancis – baik besar maupun kecil, yang berada di garis depan Naval Group berdiri, telah dan terus dimobilisasi untuk pembangunan program ini. Keberhasilan awal ini hanya dapat memperkuat komitmen kolektif kami untuk menghadirkan unit berikutnya dari seri Barracuda, Duguay-Trouin, pada tahun 2022, diikuti oleh empat kapal selam lainnya pada akhir dekade ini.

CEO Naval Group Pierre Eric Pommellet

Pembangunan kapal selam nuklir kelas Suffren (Barracuda) berikutnya masih berlanjut di galangan kapal Naval Group yang bekerja sama dengan mitranya serta memobilisasi berbagai pengetahuan luar biasa dan teknologi paling canggih, dikutip dari laman berita navyrecognition.com, Jumat (06/11/2020). Di antaranya yaitu, penggunaan baja yang sangat istimewa, pereduksian (pengurangan) noise akustik dibawah air, dan sistem persenjataan modern yang menjadikan kapal selam nuklir (SSN) kelas Barracuda salah satu kapal selam paling efisien di dunia.

Kapal Selam Nuklir Kelas Suffren Angkatan Laut Prancis 2
Kapal Selam Nuklir Kelas Suffren Angkatan Laut Prancis. Kredit: navalnews.com

Disamping itu, kapal selam nuklir kelas Barracuda dilengkapi dengan peralatan navigasi dan komunikasi serta sistem otomatisnya yang memudahkankan kapal selam ini untuk bermanuver. Inovasi besar lainnya adalah instalasi tiang optronik menggantikan tiang teleskopik yang memastikan pengumpulan informasi visual yang lebih baik dan berbagi informasi dengan lebih baik di antara kru. Fitur baru ini, dikombinasikan dengan kemampuan deteksi tingkat lanjut, menjamin keunggulan kapal selam Barracuda dalam misi intelijennya.

Kunjungi Juga:  DSME Meluncurkan Kapal Selam KSS III Ke-2 Untuk Angkatan Laut Korea Selatan

Kapal selam nuklir kelas Barracuda atau kelas Suffren merupakan generasi baru kapal selam serang nuklir yang dirancang oleh pembuat kapal Prancis Naval Group yang sebelumnya dikenal sebagai DCNS untuk Angkatan Laut Prancis, disadur dari en.wikipedia.org, Minggu (08/11/2020). Pada tanggal 22 Desember 2006, pemerintah Prancis memesan enam kapal selam nuklir kelas Barracuda dengan total biaya senilai € 7,9 miliar dengan Naval Group untuk Angkatan Laut Prancis.

Suffren Class Submarine 3
Kapal Selam Nuklir Kelas Suffren Angkatan Laut Prancis. Kredit: navalnews.com

Kapal selam nuklir kelas Barracuda digadang-gadang mampu memberikan Angkatan Laut Prancis keunggulan tempur nyata berkat diadopsinya rudal jelajah angkatan laut  Missile de Croisière Naval (MdCN) yang memungkinkan  kapal selam Prancis untuk menyerang dan menghancurkan infrastruktur darat strategis dalam jarak jauh. Selain itu, kapal selam ini juga dapat menggunakan torpedo kelas berat F21 yang baru serta rudal anti-kapal MBDA SM39 Exocet. Kapal selam nuklir kelas Barracuda juga memungkinkan penyebaran pasukan khusus secara cepat dan efisien.

Sumber Referensi:

  1. https://defbrief.com/2020/11/06/french-navy-takes-delivery-of-lead-barracuda-class-attack-submarine/
  2. https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/2020/november/9236-new-suffren-barracuda-class-nuclear-powered-attack-submarine-officially-commissioned-by-french-navy.html
  3. https://defpost.com/naval-group-delivers-attack-submarine-suffren-to-french-defence-procurement-agency/
  4. https://en.wikipedia.org/wiki/Barracuda-class_submarine_(France)
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *