Angkatan Laut India mendapatkan Torpedo Kelas Berat Varunastra

Angkatan Laut India Mendapatkan Torpedo Kelas Berat Varunastra

Angkatan Laut India mendapatkan Torpedo Kelas Berat Varunastra yang telah dikembangkan oleh Naval Science and Technological Laboratory (NSTL) salah satu divisi dari Defence Research and Development Organisation (DRDO), dikutip dari akun twitter resmi DRDO, Minggu (22/11/2020). Torpedo produksi pertama meninggalkan pabrik Bharat Dynamics Limited (BDL) pada tanggal 21 November 2020.

Varunastra yang dalam bahasa Sansekerta (वरुणास्त्र) berarti senjata air (badai) menurut kitab suci India, yang diciptakan oleh Dewa Varuna. Dalam cerita, dikatakan senjata tersebut memiliki bentuk senjata apa pun, seperti air. Setelah digunakan, senjata tersebut menciptakan volume besar air yang mampu menyapu sebagian besar pasukan infanteri musuh, dikutip dari laman navalnews.com, Senin (23/11/2020).

Sebelumnya, perusahaan pertahanan dalam negeri India, BDL memperoleh lisensi dari DRDO untuk memproduksi Varunastra pada bulan April 2018. Pada Juni 2019, Kementerian Pertahanan India memberikan kontrak senilai ₹ 1,187 crore (US $ 170 juta) kepada perusahaan untuk memproduksi secara massal torpedo untuk Angkatan Laut India.

Angkatan Laut India mendapatkan Torpedo Kelas Berat Varunastra 2 2
Torpedo kelas berat Angkatan Laut India.
Kredit: navyrecognition.com

Varunastra adalah torpedo anti kapal selam berbobot berat yang digerakkan secara elektrik yang mampu menargetkan kapal selam yang tenang, baik di perairan dalam maupun dangkal dalam lingkungan penanggulangan yang intens. Varunastra dapat ditembakkan dari semua kapal ASW yang mampu menembakkan torpedo kelas berat.

DRDO

Torpedo ini didukung oleh sistem propulsi listrik dengan beberapa baterai Silver Oxide Zinc (AgOZn) 250 KWs. Torpedo ini, memiliki kecepatan maksimum 40 knot, jangkauan 21,6 mil laut dan dapat menyelam hingga 400 meter, merujuk dari laman navyrecognition.com, Senin (23/11/2020) Seperti kebanyakan torpedo modern, torpedo ini menggunakan pemandu kabel dengan pelacak akustik aktif-pasif. Menurut laporan media lokal, torpedo ini juga dilengkapi dengan panduan GPS.

Angkatan Laut India mendapatkan Torpedo Kelas Berat Varunastra 3
Torpedo kelas berat Angkatan Laut India.
Kredit: navynews.com

Dengan spesifikasi diatas, Torpedo Varunastra dapat mencapai kecepatan lebih dari 40 knot (74 km/jam), beratnya sekitar 1,25 ton, dan dapat membawa 250 kg (550 lb) hulu ledak konvensional. Torpedo VARUNASTRA telah dilantik oleh Angkatan Laut India pada tahun 2016.

Kunjungi Juga:  Breaking News! Helikopter Mi-24 Rusia Ditembak Jatuh Oleh Azerbaijan

Sumber Referensi:

  1. https://twitter.com/DRDO_India/status/1330417453814439937
  2. https://twitter.com/CMDBDL/status/1330125695259979777
  3. https://www.navalnews.com/naval-news/2020/11/first-production-varunastra-heavyweight-torpedo-delivered-to-the-indian-navy/
  4. https://www.navyrecognition.com/index.php/news/defence-news/2020/november/9310-first-production-units-of-varunastra-heavy-weight-torpedo-deliver-to-indian-navy.html
Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *