On Fire! Amunisi Artileri Cerdas Katana 155 mm Sukses Diuji Coba

On Fire Amunisi Artileri Cerdas Katana 155 mm Sukses Diuji Coba

Perusahaan Pertahanan Perancis Nexter Group dalam siaran pers di laman resminya nexter-group.fr, Selasa (19/01/2020), mengumumkan bahwa sistem amunisi artileri cerdas Katana 155 mm yang dipoduksi oleh anak perusahaan Nexter Amunition berhasil menunjukkan kemampuan kontrol penerbangannya selama kampanye uji coba di Swedia dari 7 hingga 11 Desember 2020. Keberhasilan ini menandai sebuah “milestone” yang menentukan untuk program pengembangan KATANA.

Penembakan uji coba ini, yang dilakukan dari meriam CAESAR 155 mm, memastikan kemampuan manuver amunisi tersebut. Semua CAS (Canard Actuation Systems) dikerahkan sesuai dengan simulasi. Dengan demikian, peluru tersebut dapat ditembakkan di sepanjang lintasan yang berbeda sehingga meningkatkan jarak tembaknya dibandingkan dengan lintasan balistik klasik. Nexter Munitions menegaskan bahwa solusi artileri cerdas ini yang dikombinasikan dengan sistem program yang telah dirancang secara intuitif mampu secara signifikan meningkatkan jangkauan tembakan standarnya. Kampanye uji coba berikutnya, yang dijadwalkan pada tahun 2021, akan memulai penembakan pertama yang dipandu oleh sistem koordinat yang terkoordinasi.

“Kami sangat bangga telah memenuhi kalender ambisius dan tujuan keuangan kami untuk pengembangan sistem amunisi artileri cerdas KATANA. Kami melihat ke masa depan dengan percaya diri dan terus melakukan upaya luar biasa untuk memastikan amunisi 155 mm ini, akan sepenuhnya independen, cerdas, dan sangat akurat. Kami berharap dapat memasarkan sistem ini paling cepat pada tahun 2023.”

Direktur Amunisi dari Nexter Group, Dominique Guille

Amunisi Cerdas KATANA 155 mm merupakan sistem amunisi presisi 155mm yang dirancang oleh Nexter Grup Prancis. Proyektil ini dapat digunakan oleh semua sistem sistem artileri kaliber 52. Amunisi ini akan diproyeksikan dengan peningkatan jangkauan (akhirnya hingga 60 km, meskipun informasi sebelumnya yang diberikan oleh Nexter menunjukkan bahwa jangkauan varian pertama akan lebih rendah). Amunisi cerdas tersebut dirancang untuk mempertahankan kualitas dari sistem artileri tradisional seperti, kehandalan tembakan, kemampuan segala cuaca, dan efektivitas biaya.

Self-propeled howitzer 155 mm Caesar Angkatan Darat Perancis
Self-propelled howitzer 155 mm CAESAR Angkatan Darat Perancis.
Kredit: pinterest.com

Menggabungkan kemampuan presisi jarak jauh yang didasarkan pada akurasi dekametrik jarak jauh berdasarkan GNSS hybrid dan panduan inersia serta efisiensi terminal yang tinggi berkat hulu ledak spesifiknya, amunisi cerdas KATANA memungkinkan untuk menangani target prioritas tinggi di lingkungan yang kompleks. KATANA adalah satu-satunya amunisi berpemandu kaliber penuh Eropa dan sepenuhnya independen. Dengan amunisi KATANA, Nexter memiliki rangkaian lengkap amunisi 155mm yang kompatibel dengan sistem artileri saat ini dan masa depan.

Kunjungi Juga:  Penerbangan Perdana F-16V Upgrade Yunani

Artileri jenis ini akan dikirim ke tentara Prancis sebagai jenis amunisi baru untuk howitzer self propelled beroda CAESAR. Saat ini, Angkatan Darat Prancis memiliki 77 sistem ini pada sasis truk militer  Renault Sherpa 5 dalam configasi 6 × 6. Kementerian Pertahanan Prancis membeli 32 CAESAR tambahan, mungkin pada sasis baru truk militer Tatra T-815 8 × 8.

Self-propelled howitzer 155 mm CAESAR Angkatan Darat Perancis.
Kredit: youtube/nexter group

Dengan demikian, Perancis pada akhirnya akan memiliki 110 sistem artileri ini, yang akan dipasok tambahan pada tahun 2021-2022 dengan pengiriman 70.000 propelan modular untuk keluarga amunisi 155 mm yang dibeli berdasarkan contract pada bulan Juli tahun ini. Langkah selanjutnya yang saat ini direncanakan adalah membeli sejumlah artileri cerdas KATANA. Saat ini, Perancis selain memiliki amunisi 155 mm klasik didalam inventarisnya yang telah terbukti berhasil digunakan dalam pertempuran di Timur Tengah selama aksi melawan ISIS.

Share this article
Seorang militer enthusiast dan silent reader dibeberapa forum serta website militer baik dalam maupun luar negeri yang akhirnya memutuskan untuk mulai menulis diblog ini. Hobby mengoleksi artikel, literatur, buku serta apapun yang berhubungan dengan militer.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *